Cara Pandang Pembelajaran Online Dan Offline Kalangan Pelajar

Jumat, 30 Juli 2021 | 08:05 WIB Last Updated 2021-07-30T01:05:00Z

 

Karya Riska Damayanti

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Pada masa pandemi saat ini tentu saja masyarakat Indonesia mengalami masa-masa sulit untuk beraktivitas, yang tentunya sangat amat berpengaruh pada kalangan pelajar maupun pekerja. Bagi kalangan pelajar yang semula belajar tatap muka dengan pengajar berubah menjadi metode daring/online.Yang sebagian masyarakat Indonesia sangat tidak terbiasa dengan metode pembelajaran online yang tidak secara langsung bertatap muka dengan pengajar. Metode belajar secara langsung sudah melekat pada masyarakat Indonesia, maka dari itu sebagian masyarakat Indonesia menekankan cara paling efektif dalam belajar sesuatu adalah dengan pergi ke sebuah sekolah dan belajar dengan cara lecture. Tentu cara ini tidak sepenuhnya tidak efektif dan salah, karena terbukti banyak yang berhasil dengan cara metode ini. 


Namun, apa yang terjadi jika metode yang kita pakai bertahun-tahun dahulu tanpa sebuah perubahan dan inovasi? Tentu saja pelajar muda saat ini akan merasa bosan, kenapa? Karena pelajar muda zaman dahulu dan zaman ini memiliki cara pandang, teknologi dan pola pikir yang berbeda. Oleh karena itu, apakah belajar offline sudah tidak efektif? Belum tentu? Namun apakah kita tidak akan terbuka dengan belajar online? Tentu saja cara belajar online adalah hal yang masih sangat asing di dengar masyarakat Indonesia karena kita selalu berpikir bahwa belajar online bersangkutan dengan penggunaan internet, komputer, dan hal-hal yang berbau teknologi. Kebanyakan masyarakat Indonesia memikirkan bahwa yang bersangkutan dengan komputer dan internet hanya di gunakan untuk bermain dan menghabiskan waktu, bukan untuk belajar dan menambah wawasan. 


Namun, itu tidaklah benar, karena tentu kita bisa belajar dan menambah ilmu jika kita tahu bagaimana caranya. Salah satu hal yang kita bisa pelajari adalah bahasa asing, dan lewat internet belajar bahasa menjadi sangatlah mudah. Kenapa? Karena bahasa yang di gunakan di dunia maya atau internet sangatlah beragam bahkan bisa di bilang, semua bahasa bisa kita dapatkan di internet.


Sebetulnya, jika kita lihat hal apakah yang membedakan antara belajar secara online dan offline. Offline disini kita berbicara mengenai seseorang yang datang ke sebuah tempat hanya untuk belajar lalu pulang lagi. Tentu yang kita dapatkan dengan jelas adalah interaksi antar manusia yang lebih langsung, kemudian kita juga memiliki papan tulis yang dapat menjelaskan hal-hal dengan lebih mudah. Namun, apakah hal-hal tersebut tidak bisa di dapatkan melalui platform online? Tentu saja bisa. Oleh karena itu, belajar online bukanlah hal yang mustahil meskipun belajar offline pun bukanlah hal yang buruk pula. Hal terpenting tetaplah bagaimana kita bisa terus semangat belajar di lingkungan yang tidak biasa seperti lingkungan online


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Pandang Pembelajaran Online Dan Offline Kalangan Pelajar

Trending Now

Iklan

iklan