Manfaat Olahraga

Rabu, 09 Juni 2021 | 11:44 WIB Last Updated 2021-06-16T03:24:20Z

 

Karya Rina Sabaniah

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka


Olahraga sangat penting untuk hidup kita. Hal tersebut dapat menciptakan kualitas hidup yang lebih sehat dan tubuh yang ideal. Olah raga merupakan aktivitas fisik yang direncanakan, terstruktur, dan berulang-ulang untuk melatih tubuh, dapat dilakukan di luar ruangan atau di dalam ruangan. Berdasarkan penelitian banyak penyakit yang disebabkan oleh kurangnya gerak tubuh manusia. Olah raga membantu kita terhindar dari berbagai penyakit dan dapat membuat tubuh lebih sehat.

 

Ada tiga manfaat utama olahraga. Pertama, olahraga bisa mencegah penyakit jantung dan stroke. Kita bisa melakukan latihan interval, berjalan dengan kecepatan normal selama 3 menit dan melangkah lebih cepat selama 1 menit. Semakin kuat intensitas kita, semakin tinggi detak jantungnya, yang akan meningkatkan fungsi jantung dan membuat tubuh lebih efisien.

 

Kedua, olahraga bisa mengontrol berat badan kita. Kita bisa lari atau bersepeda, penelitian menemukan bahwa olahraga ini bisa membakar timbunan lemak jahat, terutama yang ada di perut. Sangat cocok untuk yang ingin memiliki berat badan ideal. Agar hasilnya maksimal kita harus rutin melakukannya, minimal seminggu sekali.

 

Terakhir, olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan mental dan mood kita. Misalnya senam gym, aktivitas fisik ini bisa memicu zat kimia otak yang bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia dan rileks. Ini juga memberikan kesempatan untuk bersantai dan meningkatkan kebugaran tubuh. Selain membantu menjaga kesehatan mental, merupakan kunci utama dalam menjaga mental dan mood.

 

Dengan melakukan olah raga kita dapat mencapai manfaat olah raga untuk kualitas hidup yang lebih baik. seperti mencegah berbagai penyakit, mengontrol berat badan, serta meningkatkan kesehatan mental dan mood kita. Ada baiknya jika kita melakukan olahraga secara rutin, minimal seminggu sekali agar manfaatnya lebih terasa.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaat Olahraga

Trending Now

Iklan

iklan