Pendidikan di dalam Keluarga

Rabu, 09 Juni 2021 | 12:15 WIB Last Updated 2021-06-11T23:41:47Z

  

Karya Amrina Rosyada AS

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Pendidikan di dalam keluarga adalah proses pendidikan dalam unit terkecil. Pendidikan di dalam keluarga sangatlah penting, karena, proses awal dalam anak menerima pendidikan dan orangtua lah yang menjadi guru pertamanya. Secara tidak langsung, mau  tidak mau dan siap atau tidak siap orangtua harus menjadi pendidik utamanya. Orangua juga harus bertanggungjawab atas pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

 

Orangtua harus bisa membimbing anaknya ke arah yang baik, agar anak tidak salah dalam memilih pergaulan. Para orangtua semestinya berperilaku yang baik, karena anak akan mencontoh apa yang telah mereka lihat dari orangtuanya. Peranan orangtua sangatlah penting dalam pendidikan di lingkungan keluarga, karena keluarga lah yang akan membantu mereka dalam tumbuh kembang dan juga selalu memberikan motivasi atau dukungan kepada anak.


Di zaman seperti sekarang ini, pendidikan di dalam keluarga tidak cukup jika hanya bersifat konvensional, tetapi pendidikan di dalam keluarga juga harus mengikuti perkembangan zaman. Orangtua harus meningkkatkan diri dengan kemampuan seperti di zaman saat ini, agar bisa mendampingi tumbuh kembang anak dengan baik.

 

Oleh karena itu sebaik mungkin orangtua bersikap baik agar anak selalu mencontoh perbuatan-perbuatan yang telah mereka lihat dari oragtuanya. Baik atau buruknya perilaku anak kedepannya itu tergantung ketika bagaimana orangtua mendidik mereka, karena dengan apa yang telah mereka dapat dari lingkungan kekluarga akan mereka terapkan ke lingkungan sekitarnya.  

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pendidikan di dalam Keluarga

Trending Now

Iklan

iklan