Pola Pikir Masyarakat Dalam Pentingnya Pendidikan Bagi Perempuan

Sabtu, 17 April 2021 | 08:56 WIB Last Updated 2021-04-21T10:26:04Z


( Siti Latifah Saadah / Mahasiswa Perpajakan FEB Uhamka )

 Kabarpendidikan.id Pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri, sedangkan menurut Kamus Bahasa Indonesia Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan dapat diraih oleh laki-laki dan perempuan, akan tetapi di Indonesia beberapa masyarakatnya masih belum menerapkan kesetaraan gender. Kesetaraan gender adalah pandangan bahwa semua orang harus menerima perlakuan yang setara dan tidak didiskrimansi berdasarkan gendernya.

 

Hal yang menghambat Pendidikan bagi perempuan adalah adanya faktor sosial dan ekonomi masyarakat yang rendah .Perempuan kerap kali dipandang rendah oleh masyarkat sekitar apalagi di daerah pedesaan, beberapa dari mereka selalu menilai bahwa laki-laki lebih tinggi derajatnya dibandingkan dengan perempuan. Tak sedikit dari banyaknya orang tua lebih memilih untuk menghentikan sekolah anaknya dan menikahkan anak mereka di usia dini karena faktor ekonomi. Padahal laki-laki dan perempuan memiliki banyak kesetaraan, keduanya dapat menjadi seorang yang sukses dan memiliki hak untuk mengejar cita-citanya.

 

Perempuan adalah sosok yang sangat berperan penting, perempuan akan menjadi seorang pemimpin, ibu, dan guru pertama bagi anak-anaknya nanti. Maka dari itu perempuan diharuskan untuk memiliki ilmu dan wawasan yang luas terutama memiliki Pendidikan tinggi agar ilmunya dapat digunakan untuk mengajarkan anak-anaknya di masa depan nanti dan perempuan yang pintar dapat mendidik anak sesuai zamannya.

 

Bagi perempuan yang mengalami kesusahan dalam biaya Pendidikan, pemerintah sudah mengadakan banyak beasiswa seperti Beasiswa KIP kuliah yang termasuk dalam Program Indonesia Pintar (PIP), Lembaga Pengelola Pendidikan (LPDP), Beasiswa Unggulan dan lain-lain. Adanya beasiswa tersebut memudahkan bagi para siswa untuk melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi tanpa perlu memikirkan biaya Pendidikan.

 

Dengan itu, di zaman modern ini perempuan harus memiliki keinginan untuk bersekolah dan memiliki Pendidikan setinggi-tingginya, karena dengan Pendidikan dapat membawa kita ke kehidupan yang lebih baik. Perempuan yang Pendidikannya lebih tinggi dibanding laki-laki bukan berarti menyaingi atau merendahkannya akan tetapi untuk membangun generasi yang lebih maju lagi.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pola Pikir Masyarakat Dalam Pentingnya Pendidikan Bagi Perempuan

Trending Now

Iklan

iklan