Dosen FAI Uhamka bersama Mahasiswa Selenggarakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Bandicam dan Quizziz dalam Pembelajaran

Kamis, 08 April 2021 | 17:58 WIB Last Updated 2021-04-08T10:58:34Z


Kabarpendidikan.id Satu tahun berlalu, bencana covid-19 mewabah di berbagai wilayah Indonesia. Penerapan social distancing merupakan upaya pemerintah dalam rangka menanggulangi bencana covid-19 yang menyebabkan setiap aktivitas harus dilakukan dari rumah termasuk proses pembelajaran atau disebut school from home. Belajar dari rumah sudah berlangsung sejak tanggal 17 Maret 2020 berdasarkan surat edaran yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.


Dalam rangka menyikapi tantangan pembelajaran online, maka tim PKM Pendidikan Agama Islam yang didukung oleh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA melakukan pelatihan penggunaan Aplikasi Bandicam dan Quizziz dalam Pembelajaran kepada guru-guru SDN Menteng Atas 14 Setia Budi. Kegiatan pelatihan ini diketuai oleh Shobah Shofariyani Iryanti, M.Pd dan anggota Muhammad Arifin Rahmanto, M.Pd berkolaborasi dengan dua orang mahasiswa yaitu Anugrah Fajar dan Muhammad Dony Maulana Romadon dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting  pada hari Sabtu, 27 Februari 2021 yang diikuti oleh 25 peserta.


Shobah Shofariyani Iryanti, M.Pd selaku dosen dan ketua tim pengabdian FAI UHAMKA mengutarakan “alasan diadakannya kegiatan ini berupa kegelisahan bersama para praktisi pendidikan akan turunnya antusias dan tekad belajar peserta didik dimasa pandemi Covid-19. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam merancang pembelajaran yang menyenangkan,” ujarnya.


Ani Sulistiawati, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menyampaikan sambutan yang berisi ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana kegiatan dan harapan yang begitu besar pada peserta untuk dapat menambah wawasan terkait media pembelajaran berbasis ICT sehingga dapat diterapkan di sekolah oleh para guru-guru SDN Menteng Atas 14 Setia Budi Jakarta Selatan, tuturnya.


Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan acara inti berupa penyampaian materi pertama oleh Ibu Shobah Shofariyani Iryanti, M.Pd mengenai urgensi pengembangan media pembelajaran dimasa pandemi covid-19, langkah-langkah penggunaan aplikasi Bandicam dan manfaat penggunaan aplikasi B andicam dalam pembelajaran. Dalam sesi ini, peserta diminta untuk membuka  website Bandicam dan mendownload aplikasi kemudian masuk tahap proses instalasi pada PC. 


Materi kedua disampaikan oleh Muhammad Arifin Rahmanto, M.Pd mengenai pengenalan aplikasi Quizziz dalam rangka mengemas pembelajaran yang menarik. Kemudian dilanjutkan materi ketiga yaitu praktek penggunaan aplikasi Quizziz oleh mahasiswa PAI UHAMKA Muhammad Dony Maulana Romadon. Pada sesi ini, peserta terlihat begitu antusias dalam mengikuti tahapan demi tahapan penggunaan aplikasi Quizziz. Kemudian dibuka sesi tanya jawab sekaligus sharing, diskusi dan berbagi pengalaman. 


Kemudian acara dilanjutkan dengan penutupan. Tak lupa di akhir acara peserta menyampaikan pesan, kesan dan terima kasih kepada pihak pelaksana kegiatan bahwa adanya pelatihan ini menambah wawasan dan keterampilan peserta dalam menggunakan media yang variatif guna melahirkan pembelajaran yang menyenangkan dimasa pandemi covid-19.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen FAI Uhamka bersama Mahasiswa Selenggarakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Bandicam dan Quizziz dalam Pembelajaran

Trending Now

Iklan

iklan