Apakah Pendidikan Karakter Perlu Untuk Anak Sekolah Dasar?

Jumat, 09 April 2021 | 07:02 WIB Last Updated 2021-04-09T00:02:01Z


(Riska Dewi Herawati / Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA)

Kabarendidikan.id Pendidikan karakter adalah usaha yang terencana untuk membangun karakter individu agar nantinya menjadi pribadi yang bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk orang banyak. Pendidikan karakter melatih para siswa untuk tumbuh kembangnya seluruh potensi manusia yang memiliki watak berkepribadian baik, bermoral, berakhlak, dan berefek positif pada alam dan masyarakat. Fungsi dasar Pendidikan karakter itu sendiri adalah untuk mengembangkan potensi seseorang agar dapat menjalani kehidupannya dengan bersikap baik. 


Dengan melihat arti dan fungsi Pendidikan karakter, menurut saya baik siswa maupun siswi sekolah dasar perlu dan pantas untuk mempelajarinya agar dapat mengimplementasikan di luar sekolah. Di jaman yang teknologi bukan sesuatu hal yang asing ini, banyak orang tua yang jika anaknya menangis maka cara membujuknya dengan memberikan handphone. Kebiasaan itu akan terus berlanjut hingga mereka besar. Mungkin jika orang tua memberikan izin kepada anak untuk bermain game di handphone maupun di komputer secara nonstop, maka anak itu akan menjadi individu yang tertutup dan amarahnya tidak terkontrol.


Dari situasi inilah dapat di simpulkan bahwa Pendidikan karakter sangat penting untuk anak sekolah dasar. Di karenakan sekolah dasar merupakan pondasi bagi jenjang Pendidikan yang lebih tinggi lagi, guru masih bisa mempengaruhi anak sekolah dasar agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Anak-anak masih belum bisa mengontrol emosi mereka, guru yang baik akan mengajarkan dan mencontohkan hal-hal yang sepatutnya anak-anak lakukan. Mungkin dampak positif handphone maupun teknologi bagi orang dewasa sangat berlimpah dan dapat meringankan pekerjaan sehari-hari, namun dampak negatif handphone bagi anak sangat banyak. Anak-anak masih belum tau fungsi asli dari handphone tersebut, khawatirnya mereka akan menggunakan untuk hal-hal yang tidak seharusnya.


Jika Pendidikan karakter di sekolah dasar sudah di jalankan, maka dapat diharapkan perubahan suatu individu kedepannya. Banyaknya problem moral di Indonesia ini menempatkan pentingnya penyelenggaraan Pendidikan karakter di mulai dari jenjang yang rendah hingga tinggi. Saya harap dengan adanya Pendidikan karakter maka anak-anak Indonesia akan lebih baik lagi.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Apakah Pendidikan Karakter Perlu Untuk Anak Sekolah Dasar?

Trending Now

Iklan

iklan