Peduli Edukasi Parenting Orang Tua Untuk Pendidikan Millenial 4.0 Dimasa Pandemi Covid-19

Senin, 01 Maret 2021 | 12:21 WIB Last Updated 2021-03-01T09:21:39Z



Kabarpendidikan.id Terwujudnya kuliah Kerja Sosial Fakultas Agama Islam (FAI) Uhamka dimasa pandemi covid-19 yang berkolaborasi antara civitas akademis mahasiswa dan dosen Fakultas Agama Islam Universitas Prof. DR. HAMKA dengan lembaga kemasyarakatan mengadakan Webinar Pendekatan Parenting Orang Tua Untuk Pedampingan Pendidikan Millenial 4.0 Di Masa Pandemi Covid-19 yang berkolaborasi dengan RW 05 Pondok Bambu.


Kegiatan yang terlaksanakan pada Sabtu, 13 Februari 2021, dengan melibatkan mahasiswa Uhamka, dosen Uhamka, narasumber, dan Ketua RW 05 Pondok Bambu dan PKK RW 05 Pondok Bambu. Kegiatan ini terlaksanakan melalui media virtual zoom, dengan dihadiri oleh 15 peserta webinar.


Kegiatan ini menurut panitia pelaksana, diadakannya kegiatan ini dengan melatar belakangi di masa pandemi Covid-19 ini berdampak kepada proses pembelajaran melalui daring di semua jenjang pendidikan, kondisi ini menyebabkan para peserta didik memiliki kejenuhan belajar daring di rumah. Dikarenakan pelaksanaan pembelajaran melalui daring ini hampir 1 tahun. Peran parenting orang tua menjadi salah satu hal dan langkah yang sangat penting dalam pendampingan proses pembelajaran peserta didik memalui daring. 


Pada kesempatan yang sama Ketua RW 05 Pondok Bambu, Rohimi Kurniawan, dirinya senang dan memberikan apresiasi kepada pelaksana KKS dan FAI Uhamka yang telah bekerjasama dengan RW 05 Pondok Bambu untuk mengadakan KKS yaitu, webinar pendekatan parenting orang tua untuk pedampingan pendidikan millenial 4.0 di masa pandemi covid-19. Sebagai program yang berkelanjutan untuk masyarakat sekitar di lingkungan RW 05 Pondok Bambu.


Pada kesempatan yang sama juga Dosen Pembimbing Pengabdian Masyarakat FAI Uhamka, Muhammad Arifin Rahmanto M.Pd, menyambut dengan senang dan memberikan motivasi kepada mitra KKS yaitu Pengurus RW 05 Pondok Bambu berserta para peserta webinar. Dalam sambutannya, ia mengatakan “pendekatan parenting orang tua untuk pedampingan pendidikan millenial 4.0 di masa pandemi covid-19," ujarnya.


Kegiatan ini diisi dengan webinar dan pelatihan yang terlaksana dari jam 08.00 sampai jam 11.30. Dengan 3 sesi yakni motivasi parenting orangtua dalam perspektif islam, pendidikan keluarga disampaikan oleh narasumber yang memiliki kepakaran di bidangnya dan dilakukannya diskusi panel dengan para partisipan, serta pelatihan simulasi Quiziz dipraktekkan oleh mahasiswa bersama-sama dengan para partisipan.


Dalam webinar ini Muhamad Adin Jayadinata yang merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam FAI Uhamka, bertindak sebagai pelaksana kuliah kerja sosial. Menyampaikan bahwasannya "pendekatan parenting orang tua untuk pedampingan pendidikan millenial 4.0 ini menjadi hal dan langkah yang penting. Dikarenakan keadaan di lingkungan RW 05 Pondok Bambu membutuhkan kegiatan yang inovatif dan kreatif, selain dari membantu kelurahan Pondok Bambu dalam hal penanganan wabah covid-19, serta penyaluran dana bantuan sosial. Dengan adanya webinar ini dapat menumbuhkan nilai-nilai positif bagi masyarakat dalam mendampingi anaknya belajar dirumah, dengan bekal edukasi, motivasi dan pemanfaatan e-learning, masyarakat dapat memaksimalkan proses pembelajaran anaknya dirumah".


Pada kesempatan yang sama Siti Febriana Santoso, salah satu pengurus PKK RW 05 Pondok Bambu, menyampaikan "rasa terima kasihnya kepada pihak Uhamka dalam mengadakan webinar ini dilingkungan RW 05 Pondok Bambu, yang menjadi kegiatan kemasyarakatan dengan melibatkan masyarakat sekitar. Memberikan bekal motivasi, pendidikan keluarga dan pelatihan e-learning Quiziz untuk masyarakat sekitar, Serta kegiatan ini bermanfaat bagi para peserta yang hadir dan memberikan ilmu pengetahuan yang baru kepada para peserta webinar hari ini," ujarnya


“Saya sangat senang dan berterima kasih telah mengikuti kegiatan webinar ini, motivasi, pendidikan keluarga perspektif islam oleh narasumber, saya dapat memahami pentingnya parenting orang tua untuk mendampingi anak dalam pembelajaran melalui daring dimasa pandemi covid-19 saat ini. Dan saya sangat senang juga dengan pelatihan setelah narasumber, dari praktek simulasi quiziz dan menyusun soal kuis game dengan menggunakan fitur yang tersedia , bersama-sama dengan mahasiswa yang memberikan penjelasan yang memudahkan serta mengerti dalam membuat soal kuis game untuk anak yang menarik." Ujar peserta Siti Rahayu Febriana Santoso.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peduli Edukasi Parenting Orang Tua Untuk Pendidikan Millenial 4.0 Dimasa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan