Mahasiswa Matematika FKIP Uhamka Laksanakan Program KKN untuk Membantu dalam Pembelajaran Matematika yang Fun Learning

Minggu, 28 Maret 2021 | 18:28 WIB Last Updated 2021-03-29T11:44:42Z


Kabarpendidikan.id
Dalam situasi covid - 19 mengharuskan peserta didik untuk tetap sehat dan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau yang lebih dikenal dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal tersebut membuat orang tua merasa gemas dan mengeluh dikarenakan adanya permasalahan pendidikan sejak sistem pembelajaran dari rumah diterapkan dan semakin lama semakin membuat rasa bosan bagi anak-anak serta ketidak pemahaman dalam materi pembelajaran. Tentu saja hal tersebut bisa terjadi karena sudah hampir satu tahun untuk tetap berada di rumah saja termasuk pada sistem pembelajaran pendidikan.


Elok Rintarti Widiastuti sebagai mahasiswi dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) yang tergabung dengan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 14 yang dibimbing langsung oleh DPL Dr. Khoerul Umam, M.Pd.


Program KKN kali ini bertemakan KKN Tematik dan KKNT Literasi dan Numerasi (Adaptasi di Masa Pandemi Covid-19) yang dilaksanakan selama 15 hari sejak tanggal 17 Februari - 3 Maret 2021 di Perumahan Telaga Murni Blok E RT 007/RW 008, Cikarang Barat, Bekasi. KKN ini dilaksanakan secara luring.


Mahasiswi KKN ini mengadakan pembelajaran matematika yang Fun Learning dengan metode kreatif inovatif dan berbasis islami untuk tujuan mendorong minat peserta didik dari tingkat TK - SMP dalam belajar pada adaptasi di masa pandemi covid-19.  Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program KKN ini yaitu membaca do'a sebelum dan sesudah belajar, muroja'ah beberapa surat juz 30, calistung (Membaca, Menulis, dan Berhitung), jarimatika, mengenal nama-nama ilmuwan islam dalam bidang matematika,  menonton film Nussa dan Rara dengan episode yang berbeda setiap harinya, mengenal nama-nama nabi, membuat kreasi dari origami dan kertas kado (membuat kapal-kapalan, burung-burungan, menjiplak, paper bag, pembatas buku). Untuk siswa kelas 9, materinya yaitu (bilangan berpangkat, barisan, dan aritmatika) kemudian di integrasikan antara matematika dan Al-Qur'an.


Dengan adanya pembelajaran matematika yang Fun Learning dengan metode kreatif inovatif dan berbasis islami siswa dapat mengintegrasikan antara matematika dan Al-Qur'an, peserta didik tidak akan melupakan nilai-nilai islami yang dapat diterapkan serta pembelajaran kreativitas yang dapat mengasah otak kanannya untuk membuat sebuah kreasi. Selain itu, dengan adanya kreasi menjiplak uang, melipat menggunakan origami dan kertas kado perseta didik juga mengenal nama-nama bangun datar. Peserta didik dapat mengenal bentuk persegi, persegi Panjang, segitiga, dan lingkaran.


Elok Rintarti Widiastuti, mahasiswa KKN ini juga mengadakan kolaborasi dengan Lembaga Sekitar Perumahan Telaga Murni Blok E RT 007/ RW 008 dalam kegiatan olahraga, mengolah sampah plastik dan barang bekas  serta mengadakan posko dapur umum dengan tujuan untuk memasak makanan bagi korban banjir di Villa Mutiara Cibitung dan Sekitarnya


Berdasarkan pendapat dari masyarakat perumahan Telaga Murni Blok E, Kegiatan KKN ini sangat membantu khususnya dalam pembelajaran matematika yang Fun Learning dengan metode kreatif inovatif dan berbasis islami 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Matematika FKIP Uhamka Laksanakan Program KKN untuk Membantu dalam Pembelajaran Matematika yang Fun Learning

Trending Now

Iklan

iklan