Mahasiswa FAI Uhamka Mengenalkan Huruf Hijaiyah kepada TPA Al-Kausar dengan Media Flash Card

Kamis, 04 Maret 2021 | 14:34 WIB Last Updated 2021-03-04T07:34:12Z


Kabarpendidikan.id
Kegiatan Kuliah Kerja Sosial (KKS) FAI UHAMKA merupakan bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat baik dalam bentuk jasa, pelayanan maupun ilmu sehingga dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat. 


Seperti halnya kegiatan KKS yang dilaksanakan di TPA Al-Kautsar kelurahan Cilandak Timur yang dilaksanakan oleh Siti Maisaroh mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam FAI Uhamka. Pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian mahasiswa dengan memberikan pengajaran kepada anak didik TPA Al-Kautsar agar dapat memudahkan anak didik dalam mengenal huruf hijaiyah dengan memanfaatkan media flash card.


Media flash card ini sebagai salah satu solusi untuk memberikan kemudahan anak didik terutama bagi anak usia dini (3-6 tahun) yang hendak mengenal huruf hijaiyah sehingga diharapkan anak dapat dengan mudah mengingat huruf-huruf hijaiyah. 


Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2021 dengan melibatkan anak didik TPA Al-Kautsar sebanyak 15 anak, diantaranya 11 anak (usia dini) dengan memberikan pengajaran huruf hijaiyah dan sebanyak 4 anak (usia remaja) dengan memberikan pengajaran huruf-huruf tajwid. 


Nunung Awaliyah S. Psi., selaku pengurus TPA Al-Kautsar menyampaikan terimakasihnya kepada pihak Uhamka terutama kepada Siti Maisaroh sebagai pelaksana kegiatan KKS di TPA Al-Kautsar. “Saya sangat senang dan berterimakasih dengan adanya kegiatan KKS FAI Uhamka yang dilaksanakan di TPA Al-Kautsar ini, kegiatan ini cukup membantu kami khususnya anak didik jadi lebih mudah mengenal huruf hijaiyah. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 saya rasa membuat pelaksanaan kegaiatan KKS ini menjadi kurang maksimal karena kami sangat senang apabila kegiatan ini dilaksanakan setiap hari, namun kondisi saat ini belum memungkinkan”.


Kepala prodi Pendidikan Agama Islam (Kaprodi) sekaligus dosen pembimbing pada kegiatan ini yaitu Lismawati M. Pd., menuturkan bahwa, "Kegiatan pengajaran kepada anak didik TPA merupakan salah satu bentuk kontribusi mahasiswa terhadap masyarakat. Harapan saya dengan adanya kegiatan KKS yang dilaksanakan oleh Siti Maisaroh di TPA Al-Kautsar membawa dampak positif terutama kepada anak-anak didik TPA, sehingga pengajaran yang diberikan dapat bermanfaat bagi mereka  tentunya dalam belajar huruf hijaiyah sehingga kelak mereka dapat lebih mudah melanjutkan pembelajaran Al-Quran". Ujarnya

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa FAI Uhamka Mengenalkan Huruf Hijaiyah kepada TPA Al-Kausar dengan Media Flash Card

Trending Now

Iklan

iklan