Covid-19 Menyebabkan Berbagai Perubahan

Selasa, 30 Maret 2021 | 08:43 WIB Last Updated 2021-03-30T11:45:44Z


(Ariha Shabirah / Mahasiswa D3 Akuntansi FEB Uhamka)

Kabarpendidikan.id Virus corona atau covid-19 masuk di Indonesia pada awal bulan maret 2020  tahun lalu yang membuat para masyarakat Indonesia mengalami banyak sekali perubahan, sekolah dan kegiatan belajar mengajar dari rumah, kerja dari rumah, beribadah dirumah, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan sebagainya. Itu semua untuk mengurangi penyebaran covid-19.

 

Pendidikan saat masa pandemi ini juga kurang efesien karena pembelajaran melalui via online seperti google meet, zoom, classroom dan media pembalajaran lainnya. Yang membuat para siswa dan mahasiswa mengalami beberapa hambatan ketika pembelajaran melalui via online ini, mulai dari tidak adanya kouta internet, sinyal yang kurang mendukung, tidak adanya aktivitas ekstrakurikuler atau ukm seperti sebelum masa pandemi dan sebagainya.

 

Apalagi pendidikan pada anak pesantren untuk kegiatan belajar mengajar ini sangat berbeda dengan biasanya karena anak pesantren sangat terbiasa untuk belajar dan beraktivitas diasrama dari mulai belajar tentang disiplin waktu,kebersamaannya diasrama, shalat berjamaah, memperdalami agama, interaksi  bersama teman menggunakan bahasa arab dan kegiatan lainnya. Sehingga dengan adanya virus corona mereka kini harus kembali kerumah dan belajar seadanya.

 

Penyebaran virus corona telah mengubah situasi perekonomian didunia termasuk Indonesia. Indonesia kini juga harus mengalami penurunan, hal itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang melambat, banyak nya pegawai diphk karena harus ditutup atau sebagainya, pemotongan gaji karena kurangnya pemasukan , pengangguran karena lapangan pekerjaan yang kurang, penurunan wisatawan karena larangan keluar masuk dari negara lain juga indonesia yang sangat dibatasi dan sebagainya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Covid-19 Menyebabkan Berbagai Perubahan

Trending Now

Iklan

iklan