Pembelajaran di Masa Pandemi

Jumat, 05 Februari 2021 | 12:51 WIB Last Updated 2021-02-05T05:51:07Z


Kabarpendidikan.id
Dimasa pandemi belajar dari rumah telah menjadi bagian dari kehidupan “new normal” warga Indonesia dalam menjalani kehidupan sehari-hari ditengah pandemi karena adanya pandemi virus covid-19 ini. Pandemi ini telah mengubah segala sistem kerja maupun sistem pendidikan di Indonesia, terutama dalam proses pembelajaran tatap muka kini berganti menjadi sekolah online (PJJ). Banyak dari orang tua yang kelelahan karena kebanyakan anak mengeluh banyak tugas yang menumpuk, Karena  kondisi ini membuat anak harus belajar dirumah.

 

Karena sedang dalam kondisi pandemi seperti ini pembelajaranpun yang biasanya dilakukan tatap muka berubah menjadi menggunakan media online yang diberikan oleh gurunya. Dimana disetiap pertemuan dalam pembelajaran online  biasanya menggunakan aplikasi seperti zoom, goggle-meet, dan aplikasi online lainnya yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Banyak gangguan yang membuat proses belajar tidak maksimal dan efisien karena akses internet yang terkadang mengalami gangguan dan terkadang  karena guru lebih sering memberikan tugas terhadap anak muridnya sehingga membuat anak merasa jenuh dalam pembelajaran.

 

Belajar online seperti ini justru membuat anak menjadi sedikit kurang dapat memahami pembelajaran dan juga sulit untuk berkonsentrasi bagi siswa karena tidak ada guru pembelajar yang memantau dan tidak memiliki teman untuk saling menyampaikan pendapat sehingga rasa malas untuk belajar itu muncul. Karena sudah pusing dengan tugas-tugas yang setiap hari diberikan oleh guru membuat mereka terkadang menjadi stress dan akhirnya malas dalam mengerjakan pelajaran atau tugas-tugasnya sehingga siswa akhirnya lebih menyukai bermain game online, membuka aplikasi online lainnya seperti membuka instagram, youtube, tiktok dan media online lainnya, dengan begitu sehingang terkadang sulitnya berkonsentrasi ketika belajar

 

Karena adanya pandemi seperti ini pembelajaran tidak lepas dari jaringan internet. Kondisi jaringan internet menjadi salah satu kendala yang dihadapi siswa yang tempat tinggalnya sulit mengakses internet, terkadang kuota internetpun menjadi bagian dari kendala pembelajaran, kuota internet memiliki kendala apabila orang tua dari siswa itu kadang kesusahan dalam perekonomiannya. Hal ini juga menjadi permasalahan yang banyak terjadi pada siswa yang mengikuti pembelajaran daring sehingga kurang optimal pelaksaan pembelajarannya.

 

Dengan begitu guru jadi dituntut harus mampu merancang dan mendesain pembelajaran daring yang mudah dipahami oleh siswanya. Dengan memanfaatkan media online itu bagaimana caranya agar siswa dapat memahami pembelajaran  dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan  sesuai kurikulum.

 

Semoga pandemi covid-19 ini segera berlalu dan kita dapat belajar tatap muka kembali agar semuanya normal kembali dan kita dapat mencapai kesuksesan dimasa depan.

 

(Adinda Husnul Khotimah/ Mahasiswa PGSD Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembelajaran di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan