Efek Pembelajaran Daring Selama Pandemi Virus Covid-19

Rabu, 03 Februari 2021 | 08:12 WIB Last Updated 2021-02-03T01:12:05Z


Kabarpendidikan.id
Dalam memutuskan rantai penularan virus Covid-19 di Indonesia, Mentri Pendidikan Indonesia Bapak  Nadiem Makarim memutuskan untuk memanfaatkan kegiatan belajar mengajar mengunakan metode daring atau online, dan tentu dari kegitan belajar mengajar secara daring ini juga menimbulkan efek positif dan negatif.

 

Menurut beberapa pengalaman yang saya lihat tidak sedikit yang memberikan efek negatif  dan efek positif dari pembelajaran daaring ini, salah satunya dampak negatifnya anak-anak terlihat bosan dengan pembelajaran daaring dan terlihat kurang memahami materi-materi yang disampaikan oleh para guru, karena penyampaian dari guru melalui online yang mungkin terlalu singkat dan terkadang hanya memberikan tugas tanpa penjelasan, hal ini juga yang menjadi tanggung jawab orang tua untuk lebih memperhatikan materi-materi yang si anak pelajari karena orang tua satu-satunya pendamping anak-anak belajar dirumah, saya juga memperhatikan beberapa anak terlihat bosan dan kurang semangat dalam belajar karena mungkin mereka kurang bersosialisasi dengan teman-teman dan guru-guru, salah satu efek negatifnya juga anak-anak cenderung lebih aktif dalam memainkan sosial media dibandingkan belajar di handphonenya, tidak sedikit juga saya dengar orangtua memarahi anak karena anak tidak semangat dalam belajar ataupun tidak memahami materi yang orangtua jelaskan, kembali lagi masalah ini karena efek pembelajaran daaring yang kurang efektif, karena guru yang juga mungkin terkendala oleh fasilitas elektronik dan minimnya pengetahuan teknologi informasi, pembelajaran daaring tidak sedikit juga terkendala yang disebabkan oleh anak-anak yang keluarganya kurang mampu karena tidak memiliki handphone untuk pembelajaran daaring hingga pembelajaran daaring  terkendala oleh anak-anak dari keluarga kurang memadai.

 

saya juga melihat beberapa pembelajaran daaring dipelosok-pelosok daerah kurang efektif karena banyak yang tidak memiliki handphone dan kurang mendukungnya akses internet di daerah-daerah tersebut.

 

Dampak positifnya salah satunya yaitu sadarnya dan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi ditengah masyarakat, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat dan cepat didalam dunia pendidikan seperti banyak muncunya aplikasi belajar online, banyaknya kursus online gratis, keterikatan antar anggota keluarga semakin dekat karena pembelajaran dan pekerjaan semua berbasis online, terapi berfikir positif, membangun komunikasi antar guru dan orangtua, munculnya kreativitas tanpa batas, seperti munculnya media belajar menggunakan aplikasi tiktok, banyak dari pelajar-pelajar yang mengunakan aplikasi tiktok selain untuk hiburan mereka juga mengunakan tiktok untuk melatih kreativitas.

 

(Putri Alya Diana/ Mahasiswa Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Efek Pembelajaran Daring Selama Pandemi Virus Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan