Dosen S2 Uhamka Latih Guru Aliyah dalam Pembelajaran Matematika Realistik

Jumat, 12 Februari 2021 | 11:02 WIB Last Updated 2021-02-17T14:11:10Z


Kabarpendidikan.id
Program Kemitraan Masyarakat  merupakan bentuk kerjasama Program Studi S2 Pendidikan Matematika UHAMKA bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika Aliyah DKI Jakarta. Program ini bertujuan untuk mendampingi dan membersamai Guru dalam pembelajaran matematika jarak jauh, memperkaya wawasan Guru dan Dosen tentang pembelajaran matematika yang menarik untuk siswa, dan membangun keakraban dan kebersamaan Guru dan Dosen dalam mengembangkan pendidikan matematika melalui Zoom Meeting dengan peserta sekitar 450 peserta.

 

Kakanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta menyampaikan pentingnya Guru Matematika mengembangkan diri di era pandemi dengan mengikuti Serial Webinar Pembelajaran Matematika Kreatif Guru dan Pemerhati Pendidikan.

 

Dalam kegiatan ini, Sigid Edy Purwanto selaku kaprodi S2 Matematika menyampaikan bahwa pembelajaran matematika realistik dengan 5 karakteristiknya yaitu 1) Konteks Dunia Nyata; 2) Pemodelan; 3) Produksi dan Konstruksi Siswa; 4) Interaktivitas; dan 5) Keterkaitan,  pengembangannya secara daring sudah dilakukan sejak 15 tahun lalu, sehingga memudahkan penerapannya dalam kegiatan belajar mengajar matematika di era pandemi saat ini.

 

Di lain hal, Wahidin selaku pemari menjelaskan bahwa mengasah kemampuan literasi numerasi guru matematika sebagai bentuk kesiapan melatih peserta didik menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

 

Sigid Edy Purwanto menambahkan dalam kegiatan ini bahwa, "Pembelajaran Matematika Realistik mendekatkan matematika kepada kehidupan sehari-hari siswa. Siswa seperti diajak bermain namun tanpa terasa konsep matematika sedang ditanamkan kepada mereka melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Dalam pembelajaran daring perlu kemasan yang berbeda dari biasanya, kemasan belajar non formal yang ditujukan untuk menarik minat siswa belajar." Ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen S2 Uhamka Latih Guru Aliyah dalam Pembelajaran Matematika Realistik

Trending Now

Iklan

iklan