Mendikbud Nadiem Bantah Isu Tutup Formasi CPNS Guru

Selasa, 05 Januari 2021 | 18:42 WIB Last Updated 2021-01-05T15:54:58Z


Kabarpendidikan.id
 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, membantah isu tentang tak ada lagi formasi guru dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Beberapa hari lalu ada isu soal pemerintah yang menyetop penerimaan guru berstatus CPNS.

 

Menurut Nadiem, ada persepsi yang salah terkait hal itu. "Ingin saya koreksi mispersepsi di media bahwa tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud," kata Nadiem melalui Instagram pribadinya @nadiemmakarim, Selasa (5/1/2021).

 

Ia mengatakan, formasi guru dalam CPNS akan tetap ada. Kendati begitu, untuk tahun ini memang pihaknya memiliki fokus untuk merekrut guru honorer melalui mekanisme Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

 

"Saya menegaskan bahwa Formasi CPNS Guru ke Depan Tetap Akan Ada karena Kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Fokus tahun ini adalah perekrutan guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta guru (jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes) melalui jalur PPPK," jelas Nadiem.

 

Hal itu dilakukan demi mendorong supaya para guru honorer dapat melamar melalui jalur PPPK. Bagi guru PPPK dengan kinerja yang bagus, kata Nadiem tak menutup kemungkinan untuk dijadikan acuan diterimanya ia menjadi guru dengan status PNS.

 

"Kami mendorong agar para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru melamar menjadi guru PPPK. Kinerja yang baik sebagai guru PPPK nantinya akan menjadi pertimbangan penting jika guru PPPK yang bersangkutan melamar menjadi CPNS. Kami terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya," kata Nadiem.

 

Pada 2021 ini, pemerintah akan memberikan kesempatan bagi guru honorer atau non-PNS untuk mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jumlah formasi yang dibuka sebanyak satu juta guru. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mendikbud Nadiem Bantah Isu Tutup Formasi CPNS Guru

Trending Now

Iklan

iklan