Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA Selenggarakan Pelatihan Kelas Virtual

Minggu, 10 Januari 2021 | 12:44 WIB Last Updated 2021-01-10T16:49:39Z


Kabarpendidikan.id
Mengawali tahun 2021, Dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka atau UHAMKA berkolaborasi dengan Mahasiswa menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan yang bertemakan Pelatihan Pemanfaatan dan Pengelolaan Kelas Virtual Bagi Guru-Guru SMA Muhammadiyah 5 Jakarta Dengan Menggunakan Google Classroom & Zoom Meeting ini dilakukan secara online virtual menggunakan platform zoom meeting.


“Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk Catur Dharma Perguruan Tinggi yang mana didalamnya adalah Darma Pengabdian Masyarakat. Serta sebagai bentuk empati, transformasi, dan shadaqah ilmu dari UHAMKA kepada masyarakat”. Tutur Firman Noor Hasan selaku Ketua Acara.


Selain itu, kata Firman, Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah memberlakukan WFH (Work From Home), LFH (Learn From Home), PFH (Pray From Home) sehingga membawa dampak perubahan terhadap perilaku manusia baik itu dari segi ekonomi, kualitas ibadah, pembelajaran, dan lain-lain. Hal ini membawa dampak terhadap aktivitas pembelajaran di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta begitu juga dengan perilaku siswa dan guru. Para guru dituntut untuk melakukan aktivitas pembelajaran secara daring/online. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara daring/online, tidak hanya mengajar saja melainkan juga memberikan tugas maupun soal.


“Maka dari itu, diharapkan dengan kegiatan ini, dapat menjadi solusi tepat untuk diberikan kepada para guru agar dapat melakukan tugasnya dengan baik selama Learn From Home.” tambahnya.


Moh. Ridwan yang merupakan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 5 Jakarta sekaligus peserta pada pelatihan menyampaikan “Apresiasi terhadap kegiatan pengmas ini, karena materi yang disampaikan bersifat praktis disertai dengan praktik langsung secara virtual. Sehingga nantinya akan dapat diterapkan oleh para guru-guru didalam melakukan pembelajaran jarak jauh”.


Kegiatan ini berlangsung dengan lancar, para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan yang tidak hanya menjelaskan teori tapi lebih kepada praktek langsung. Dibuktikan dengan keaktifan yang terjadi saat diskusi maupun pada saat praktik langsung secara virtual. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan berkaitan dengan masalah yang sering dialami peserta didalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA Selenggarakan Pelatihan Kelas Virtual

Trending Now

Iklan

iklan