Kemenag: PJP Harus Sejalan dengan Semangat Mereka Belajar

Jumat, 29 Januari 2021 | 08:34 WIB Last Updated 2021-02-01T02:36:51Z


Kabarpendidikan.id
Kementerian Agama (Kemenag) meminta rancangan PJP harus mengandung semangat milik Kemendikbud sendiri, yakni Merdeka Belajar. Seperti yang tengah diketahui saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah merancang Peta Jalan Pendidikan (PJP) Indonesia 2020-2035.

 

“PJP ini harus sejalan dengan spirit merdeka belajar. Harus sejalan dengan kebutuhan dan tantangan pendidikan yang berubah saat ini,” kata Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag, Muhamamd Ali Ramdhani dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi X DPR RI, Kamis 28 Januari 2021.

 

Fungsi utama PJP menurutnya harus menghadirkan pendidikan yang berkualitas. Selain itu PJP kata dia juga harus menjawab problematikan pendidikan.

 

“Sekolahkan anak untuk menjawab problematikan pendidikan. Kemudian dorong pembelajaran siswa bagaimana menghadirkan pendidikan berkualitas,” sebutnya.

 

Dirinya juga berpesan bahwa pembelajaran harus bisa dilakukan secara menyeluruh. Dalam proses pendidikan dia juga meminta agar tak ada anak yang tertinggal.

 

“Seluruh anak bangsa harus memperoleh ruang pendidikan yang terbaik,” lanjut dia.

 

Ali mengatakan bakal mendukung proses perancangan PJP oleh Kemendikbud. PJP diharapkan mampu mengarahkan pola pendidikan pada jalur percepatan Sumber Daya Manusia unggul.

 

“Yang terpenting kami menyatakan bahwa konsepnya mesti seiiring seirama dengan undang-undang terkait dengan janji konstitusi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutup dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemenag: PJP Harus Sejalan dengan Semangat Mereka Belajar

Trending Now

Iklan

iklan