Kehadiran Perguruan Tinggi Asing di Dalam Negeri Menurunkan Minat Calon Mahasiswa Untuk Berkuliah di PTS

Sabtu, 05 Desember 2020 | 09:08 WIB Last Updated 2020-12-05T13:11:36Z


Kabarpendidikan.id
Kehadiran perguruan tinggi asing di Indonesia akan merugikan perguruan tinggi swasta (PTS) lokal, terutama PTS-PTS kecil. Hal itulah yang disampaikan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) yang menyoroti wacana pembukaan perguruan tinggi Monash University di Indonesia 2021 mendatang.

 

Ketua Umum APTISI, Budi Djatmiko mengatakan, kehadiran perguruan tinggi asing di dalam negeri akan menurunkan minat calon mahasiswa untuk berkuliah di PTS, terutama PTS kecil, menjadi menurun.

 

“Ini lonceng kematian bagi PTS kecil, karena terjadi pergeseran pasar, mahasiswa PTS besar ‘dimakan’ Monash University, lalu PTS tersebut akan ‘memangsa’ mahasiswa dari PTS yang lebih kecil, dan seterusnya,” kata Budi saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (4/12).

 

Seperti diketahui, Monash University melalui Yayasan Monash University Indonesia akan membuka pusat pembelajaran di gedung GOP 9 kawasan BSD Green Office Park BSD City. Ekspansinya ke Indonesia merupakan ekspansi lanjutan Monash University setelah sebelumnya membuka kampus di Malaysia, Tiongkok, dan India.

 

Dilain sisi jika tidak ada kendala berarti, Monash University Indonesia akan mulai beroperasi pada Oktober 2021. Monash akan berfokus pada pendidikan tingkat Magister (S2) untuk bidang studi Data Science, Urban Design, Business Innovation dan Public Policy & Management. 

 

Budi menilai, perguruan tinggi lokal yang ada pada saat ini masih belum mendapatkan pembinaan yang cukup untuk bersaing dengan perguruan tinggi  asing. Budi juga menegaskan, sikap kontranya bukan berarti sejatinya pihaknya tidak memiliki sikap anti asing.

 

“Binalah dulu PTS (lokal) dengan benar, selanjutnya baru kasih kesempatan untuk ‘cari sparing partner’ dan baru masuk babak kompetisi dengan perguruan tinggi asing, jangan langsung  (PTS lokal) langsung disuruh berantem tapi belum dilatih,” pungkas Budi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kehadiran Perguruan Tinggi Asing di Dalam Negeri Menurunkan Minat Calon Mahasiswa Untuk Berkuliah di PTS

Trending Now

Iklan

iklan