Keberhasilan Mahasiswa FFS Uhamka dalam Melaksanakan PHP2D di Kelurahan Margahayu telah di Tiru oleh Warga

Rabu, 16 Desember 2020 | 18:47 WIB Last Updated 2020-12-17T03:08:42Z


Kabarpendidikan.id
Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang saat ini telah dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Uhamka selama lima bulan di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur telah resmi di tutup oleh Siti Sopiah selaku Lurah Margahayu di belakang pekarangan Kantor Kelurahan Margahayu dengan mematuhi protokol kesehatan.

 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa FFS Uhamka mendapatkan dana hibah sebesar Rp 35.000.000 dari kemendikbud dalam pelaksanaan PHP2D di kelurahan Margahayu dengan budidaya 1.100 bibit ikan lele bioflock, menanam 800 bibit tanaman hidroponik, dan 35 tanaman obat keluarga di 5 titik lokasi sasaran yang kini telah di pananen kembali dalam penutupan kegiatan PHP2D.

 

Hadi Sunaryo selaku Dekan FFS menyatakan bahwa “kegiatan program ristekdikti ini sebagai bentuk pembelajaran bagi mahasiswa dalam pembinaan dan pemberdayaan desa yang sifatnya di kompetisikan dari 2.000 tim secara nasional namun yang diterima hanya 253 tim  dan tim inilah diantaranya yang diterima,” ujarnya.

 

Ia juga berpesan kepada masyarakat Margahayu dengan adanya kegiatan mahasiswa di sini dapat menjadikan kebermanfaatan oleh masyarakat untuk keberlangsungan dalam peningkatan masyarakat serta menjadi percontohan di rumah masing-masing

 



Di lain pihak, Siti Sopiah selaku Lurah Margahayu mengungkapkan “Kedatangan mahasiswa Farmasi Uhamka ini, di lima bulan yang lalu membuat kami yakin untuk bermitra karena kami melihat saat itu mereka merasa optimis dalam melaksanakan kegiatan ini di Kelurahan Margahayu ini dan Alhamdulillah setelah lima bulan lamanya kita telah merasakan hampir tiga kali panen dan hari ini pula kita lihat kembali tanamannya yang segar-segar begitupun ikan lelenya yang besar-besar. Dalam proses kegiatan ini, banyak masyaraka dari RW 8, 11, dan 26 bahkan dari ibu-ibu PKK telah mencontoh dan melaksanakan kegiatan serupa di rumahnya masing-masing dengan memanfaatkan lahan seadanya,” ujarnya dengan penuh semangat.

 

Sopiah juga menuturkan kegiatan semacam ini diharapkan dapat ditiru oleh segenap ibu-ibu yang notabenenya bahwa ibu-ibu itu lebih banyak beraktivitas di rumah. Maka setidaknya ibu-ibu dapat memanfaatkan pekarangan yang ada dengan menanam sayur-sayuran atau bahkan budidaya ikan lele sehingga dapat membantu kebutuhan sayuran di dapur atau juga bisa diperjualbelikan untuk menambah pemasukan dapur bagi ibu-ibu.

 

Walaupun kegiatan PHP2D ini telah selesai dilaksanakan oleh mahasiswa FFS Uhamka dan resmi di tutup. Akan tetapi, kelurahan Margahayu membuka pintu kemitraan dengan Uhamka dalam membangun masyarakat untuk lebih sejahtera.

 

Annisa Nurhayati selaku ketua tim dalam kegiatan PHP2D ini mengungkapkan banyak terima kasih kepada Kelurahan Margahayu karena telah menerima tim nya dalam melaksanakan kegiatan ini, disini kami belajar betul berkomunikasi dan bersosialisasi dengan masyarakat sehingga kami merasa memiliki keluarga baru di Kelurahan Margahayu ini.

 

Turut hadir juga Desak Made Dharmawati selaku Ketua Pusat Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Uhamka menuturkan bahwa “Alhamdulillah, lima bulan telah terlewat dan terlaksana kegiatan PHP2D yang dilaksanakan oleh mahasiswa Farmasi di Kelurahan Margahayu ini dengan menghasilkan sayuran yang segar-segar dan ikan lele yang begitu besar-besar. Hal ini tidak lain atas kuasa Allah SWT. mereka juga mendapatkan hibah dari ristekdikti tidak lain merupakan rasa syukur karena sebelumnya mereka telah berjuang agar bisa melaksanakan kegiatan ini berkat kegigihan mereka sehingga kegiatan PHP2D ini terlaksana dengan sukses karena telah di contoh dan di tiru oleh warga. Maka saya ucapkan selamat untuk tim PHP2D mahasiswa FFS Uhamka,” ujarnya.

 

Ia juga berharap, dengan telah selesainya kegiatan PHP2D ini bukan berarti selesai juga penanaman sayuran dan budidaya ikan lelenya. Akan tetapi hal ini dapat ditiru dan dilaksanakan oleh masyarakat minimal di pekarangan rumahnta masing-masing karena kegiatan semacam ini tidaklah sulit dan tidak membutuhkan lahan yang begitu luas. 


Keberhasilan mahasiswa FFS dalam melaksanakan PHP2D ini disambut baik oleh Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III bagian kemahasiswaan Uhamka, bahwa kegiatan-kegiatan semacam ini patut di contoh bagi mahasiswa lainnya di lingkungan Uhamka sehingga kedepanya prestasi-prestasi semacam ini ataupun prestasi mahasiswa dapat bertambah dan kami akan mensuport betul akan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang sifatnya positif dan membangun. (ABL)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keberhasilan Mahasiswa FFS Uhamka dalam Melaksanakan PHP2D di Kelurahan Margahayu telah di Tiru oleh Warga

Trending Now

Iklan

iklan