Kabar Baik Untuk Dunia Pendidikan, Vaksin Untuk Covid-19 Telah Tiba di Tanah Air

Rabu, 09 Desember 2020 | 17:01 WIB Last Updated 2020-12-15T03:06:39Z


Kabarpendidikan.id
Presiden Joko Widodo mengabarkan bahwa sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac asal pabrikan Tiongkok telah tiba di Indonesia pada Minggu malam 6 Desember 2020 lalu. Hadirnya vaksin tersebut ke tanah air mendapat respons positif dari berbagai pihak, termasuk diantaranya hadir dari sektor pendidikan.

 

Koordinator Nasional Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim menyambut baik kabar tersebut.  Menurutnya hadirnya vaksin ini merupakan kabar baik bagi dunia pendidikan khususnya dalam memyambut kebijakan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan dimana yang hendak melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) pada Januari 2021 mendatang.

 

’’Kedatangan vaksin Sinovac ini menjadi kabar baik, setidaknya menjawab kekhawatiran guru dan orang tua siswa selama ini,” jelasnya ketika di wawancarai oada Selasa 8 Desember 2020.

 

Dengan begitu menurutnya, kekhawatiran akan efek samping penggunaan vaksin perlu mendapatkan pengkajian khusus terkait dengan efektivitas vaksin tersebut sebelum pada akhirnya vaksin tersebut divaksinkan kepada masyarakat secara masif. Dengan upaya ini menurutnya dampak yang bisa saja hadir dapat semakin diminimalisir.

 

’’Kami para guru meminta agar semua tahapan uji coba vaksin ini mesti dipenuhi terlebih dulu. Sebab belum terbukti keamanan termasuk status halalnya baik dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) maupun MUI (Majelis Ulama Indonesia),’’ jelasnya.

 

Disisi lain saat ini vaksin tersebut juga masih menunggu Izin Penggunaan Darurat dari BPOM dan kehalalan dari MUI. Sebelum pelaksanaan vaksinasi secara massal, pemerintah harus memastikan bahwa vaksin Covid-19 tersebut benar-benar aman dan efektif, dengan efek samping seminimal mungkin tanpa menimbulkan dampak serius.

 

Selain itu untuk meniadakan praktek transaksi jual-beli vaksin Covid-19, Satriawanmenghimbau agar proses vaksinasi dikelola oleh negara dengan tidak melibatkan pihak swasta.

 

’’Distribusi vaksin dikelola oleh negara, vaksinnya hendaknya gratis, tidak diperjuapbelikan, khususnya bagi para guru dan tenaga kependidikan sebagai garda terdepan pendidikan nasional,’’ tambah dia. (LBM)

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kabar Baik Untuk Dunia Pendidikan, Vaksin Untuk Covid-19 Telah Tiba di Tanah Air

Trending Now

Iklan

iklan