Adaptasi Aspek Penelitian dan Pengabdian di Lingkup Pendidikan Tinggi Berjalan dengan Pesat

Jumat, 25 Desember 2020 | 09:30 WIB Last Updated 2020-12-26T02:34:53Z


Kabarpendidikan.id
 Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan bahwa selama pandemi ini, lebih dari 1.600 invensi dan inovasi yang lahir dari perguruan tinggi. Menurutnya adaptasi aspek penelitian dan pengabdian masyarakat terjadi dengan pesat.

 

“Pengabdian masyarakat juga tidak pernah surut meski di tengah pandemi, dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan banyak kampus, Kampus Mengajar Perintis yang batch pertamanya baru kami tarik, Mahasiswa Mengajar dari Rumah untuk membantu adik-adik SD dan SMP melakukan Belajar dari Rumah (BDR), semuanya sudah berjalan baik dengan semangat kerelawanan dan gotong royong yang luar biasa,” kata Nizam, dalam keterangannya, Kamis (24/12) lalu.

 

Selain itu, menurut Nizam Mahasiswa kesehatan turut berkontribusi dalm bergerak membantu pemerintah daerah dan masyarakat menangani Covid-19 lewat komunikasi, informasi dan edukasi. Selain itu Nizam mengatakan mahasiswa juga aktif terlibat dalam pembentukan relawan nasional untuk mitigasi pandemi Covid-19 melalui Relawan Covid-19 Nasional (RECON) yang secara leangsung menurutnya hal tersebut menunjukkan pergerakan mahasiswa yang masif.

 

Nizam juga memastikan, pembelajaran tetap berjalan baik dengan segala keterbatasannya. Salah insiatif baik yang Kemendikbud upayakan ialah bantuan finansial yang dilakukan Kemendikbud melalui Ditjen Dikti adalah keringanan uang kuliah bagi mahasiswa yang terkendala masalah ekonomi.

 

“Lebih dari 430 ribu mahasiswa mendapat Bantuan Uang Kuliah, di samping Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan Beasiswa Bidikmisi yang jumlahnya juga sekitar 400 ribu,” tutur nya.

 

Bantuan kuota internet untuk pembelajaran pendidikan tinggi pun merupakan salah satu respon cepat Kemendikbud di tengah pandemi yang masih melanda Indonesia. Kuota telah disalurkan kepada lebih dari lima juta mahasiswa di semester ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Adaptasi Aspek Penelitian dan Pengabdian di Lingkup Pendidikan Tinggi Berjalan dengan Pesat

Trending Now

Iklan

iklan