Ma'ruf Amin Dorong Pihak Swasta Turut Telibat Memajukan Pendidikan Bangsa

Selasa, 17 November 2020 | 11:47 WIB Last Updated 2020-11-17T04:47:00Z


Kabarpendidikan.id
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menghimbau berbagai pihak, terutama pihak swasta, untuk membantu mendorong peningkatan mutu sarana prasarana pendidikan di Tanah Air.

 

Hal itu diutarakan Ma'ruf dalam seremonial peresmian pembangunan sarana dan prasarana Islamic Dakwah Fund-Majelis Uama Indonesia (IDF-MUI) dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) secara virtual, pada Senin 16 November 2020.

 

Ma’ruf mengatakan, program tersebut merupakan bentuk partisipasi pihak swasta dalam upaya peningkatan sarana-prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

 

“Saya mendorong berbagai pihak agar melakukan hal serupa, khususnya dalam mengajak dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk saling peduli dan berbagi pada sesama,” ujar Ma’ruf.

 

Menurutnya, hal tersebut merupakan manifestasi dari prinsip gotong royong dan kerja sama dalam kebaikan.

 

Terlebih, dimasa pandemi Covid-19 saat ini yang telah membawa dampak multidimensi dan berdampak pada seluruh lapisan masyarakat terutama masyarakat bawah. 

 

Masyarakat bawah, kata dia, merasakan kondisi kesulitan akibat pandemi Covid-19 ini sehingga membutuhkan banyak bantuan. Termasuk berkaitan dengan pendidikan.

 

“Pemerintah telah berupaya melakukan penanggulangan dampak pandemi tersebut melalui berbagai kebijakan khusus. Namun keterlibatan swasta dalam upaya penanggulangan ini masih sangat dibutuhkan,” tuturnya.

 

Adapun, menyoal bantuan pendidikan tersebut, Ma’ruf menilai bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang.

 

Apalagi, menurutnya, pada era revolusi industri 4.0, perkembangan teknologi digital semakin cepat dan menuntut adanya perubahan dan penyesuaian di dunia pendidikan.

 

“Sehingga diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul yang tidak hanya cerdas dan mumpuni di bidang keilmuan, tetapi juga melek teknologi, berdaya saing tinggi serta berakhlak mulia,” kata dia.

 

Tujuannya, agar menghasilkan SDM yang dapat membantu memajukan bangsa dan memberi manfaat pada masyarakat.

 

Sebab memurutnya, keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah ketersediaan sarana prasarana pendidikan yang memadai.

 

“Hal itu diyakini akan mempermudah proses belajar-mengajar serta memacu semangat dan motivasi peserta didik untuk belajar lebih rajin dan berprestasi lebih baik,” ucap dia. (LBM)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ma'ruf Amin Dorong Pihak Swasta Turut Telibat Memajukan Pendidikan Bangsa

Trending Now

Iklan

iklan