Mahasiswa FKIP Uhamka Berhasil Mendapatkan Beasiswa Kemendikbud RI 2020

Minggu, 08 November 2020 | 08:07 WIB Last Updated 2020-11-20T08:57:27Z


Kabarpendidikan.id
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemendikbud) kembali membuka program beasiswa unggulan pada tanggal 21 September - 3 Oktober 2020. Pada tahap pendaftaran program beasiswa kemendikbud 2020 diikuti 85.000 mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi. 


Program beasiswa unggulan Kemendikbud 2020 ini mensyaratkan setiap pesertanya berasal dari Universitas yang telah terakreditas minimal B.

 

Sebagai salah satu universitas yang memiliki Akreditasi A, Universitas Muhammdiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) turut mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program beasiswa unggulan kemendikbud 2020. Salah satunya adalah mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka yaitu Herdin Muhtarom yang telah lolos mendapatkan beasiswa kemendikbud ini.


Hal ini dibenarkan oleh Dekan FKIP UHAMKA, Desvian Bandarsyah, bahwasanya "Herdin ini mahasiswa kami dari Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA yang terakreditasi A dan telah lolos menerima beasiswa Kemendikbud RI 2020. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri buat kami di Fakultas (FKIP) bahwa keberhasilan Herdin dalam mendapatkan beasiswa ini bukan semata-mata berkat kampus yang terakreditasi A saja, melainkan ia juga aktif dan ulet dalam mengikuti proses perkuliahan dan mengikuti serangkaian aktivitas organisasi di kampus. Pada tahap ini, ia telah menunjukkan komitmen dan kerja kerasnya untuk maju dan berprestasi. Semoga hal ini menjadikan "virus" positif dari Herdin kepada teman-temannya." ujarnya.


Dalam prosesnya, Herdin mengungkapkan bahwasa peserta harus lolos dari penilaian tahap 1 yaitu tahap seleksi administrasi yang sudah ditetapkan oleh pihak panitia dari program Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2020. Dari proses ini nantinya akan memutuskan 2.000 peserta untuk selanjutnya mengikuti penilaian tahap 2.


Pada saat penilaian tahap 2 ini kemendikbud melakukan tahap proses wawancara terhadap setiap peserta yang lolos seleksi tahap 1. Untuk tahap wawancara Kemendikbud akan mengumumkan nama-nama yang berhasil lolos pada tanggal 27 Oktober 2020.


Beradaptasi dengan pandemi Covid-19 Kemendikbud melakukan semua tahapan program beasiswa unggulan kemendikbud 2020 melalui media digital. Proses wawancara dengan memanfaatkan aplikasi meeting digital kemudian juga melakukan pengumuman melalui alamat email masing-masing peserta. 


Herdin Muhatarom mengungkapkan kepada tim kabarpendidikan.id akan keberhasilannya  dalam mendapatkan beasiswa ini, bahwa "keberhasilan dalam mengikuti program beasiswa unggulan Kemendikbud 2020 juga didorong oleh kualitas kampus dan dosen, disinilah sebagai salah satu bukti penting bahwasanya saya mendapatkan beasiswa ini tidak lain juga berkat kampus Uhamka yang telah terakreditasi A", ujarnya.


Kemudian Herdin melanjutkan, “Kampus UHAMKA merupakan Kampus yang memiliki keunggulan baik di bidang akademik maupun bidang non akademik. Banyak sekali aktivitas yang bisa melatih setiap skill mahasiswanya belum lagi dosen-dosennya juga sangat memiliki keunggulan dalam memberikan pemahaman materi, Jadi tetap semangat dengan kampus Uhamka” kata Herdin penerima beasiswa kemendikbud 2020 (ABL)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa FKIP Uhamka Berhasil Mendapatkan Beasiswa Kemendikbud RI 2020

Trending Now

Iklan

iklan