Kalbe Mengadakan RKSA 2021 Demi Terdukungnya Hilirisasi Penelitian Kesehatan

Kamis, 12 November 2020 | 13:54 WIB Last Updated 2020-11-12T06:54:31Z


Kabarpendidikan.id
Untuk mendukung penelitian dan memperkuat hubungan antara akademisi dengan sektor industri. PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) bersama Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menggelar program Ristek/BRIN Kalbe Science Awards (RKSA) 2021 sebagai bentuk memperkuat hilirisasi penelitian di Indonesia.

 

Ristek/BRIN Kalbe Science Awards (RKSA) 2021 merupakan program pemberian dana penelitian bagi para peneliti di Indonesia.  RKSA sendiri mengusung tema kesehatan, farmasi, pangan fungsional, teknologi informasi, atau life science.

 

Nantinya proposal terbaik yang telah dipilih oleh Dewan Juri RKSA 2021 akan mendapatkan Dana penelitian. Pemberian Dana Penelitian diharapkan hasil penelitian tersebut dapat mencapai proses hilirisasi untuk menjadi produk atau layanan yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

 

Kegiatan peluncuran RKSA 2021 yang dihadiri Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro, Ph.D, juga bagian dari rangkaian kegiatan Inovasi Indonesia Expo (IIE) 2020 yang diselenggarakan oleh Kemenristek/BRIN.

 

Dalam sambutannya Mentri Riset dab Teknologi Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro, Ph.D menyampaikan kedepannya demi percepatan pemulihan ekonomi, Indonesia harus bertransformasi berbasis teknologi.

 

“Indonesia harus bertransformasi dari resource driven economy kepada innovation driven economy di mana percepatan pemulihan perekonomian nasional harus berbasis pemanfaatan teknologi dan menjadikan Indonesia sebagai negara maju melalui pemanfaatan inovasi dan teknologi,” kata Menteri Riset dan Teknologi

 

Pada kesempatan yang sama Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Vidjongtius, mengungkapkan bahwa RKSA atau Ristek BRIN Kalbe Science Awards merupakan salah satu upaya guna mendorong kolaborasi peneliti, akademisi, dunia usaha, maupun komunitas perekayasa teknologi dan pemerintah sehingga dapat menghasilkan produk yang berinovasi secara bertahap.

 

“RKSA atau Ristek BRIN Kalbe Science Awards merupakan hasil kolaborasi Kemenristek/BRIN dan Kalbe dalam meningkatkan hilirisasi penelitian di bidang kesehatan yang sekaligus memperkuat kolaborasi antara Akademisi, Industri, Pemerintah, dan Komunitas Penelitian lainnya,” ujar Vidjongtius. (FH) 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kalbe Mengadakan RKSA 2021 Demi Terdukungnya Hilirisasi Penelitian Kesehatan

Trending Now

Iklan

iklan