Dirjen Dikti Dorong Afiliasi Penulis Perguruan Tinggi Indonesia Hasilkan Buku Berkualitas

Jumat, 13 November 2020 | 07:14 WIB Last Updated 2020-11-13T00:14:00Z


Kabarpendidikan.id
Pada tahun 2017 lalu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi memiliki Undang-undang Sistem Perbukuan. Melalui UU ini diharapkan nantinya mampu membangun publikasi perbukuan yang semakin baik. 


Dalam acara Mukernas Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia, Dirjen Dikti Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng menyampaikan UU Sistem Perbukuan dirancang dengan semangat agar bisa melahirkan buku-buku yang berkualitas. 


“Undang-Undang tersebut dirancang dengan semangat yang esensinya adalah mengakselerasi publikasi nasional secara signifikan dan melahirkan buku-buku berkualitas yang murah serta dapat menjangkau seluruh masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam.


Dia juga membandingkan kebiasaan orang Indonesia ketika memiliki waktu luang. Dimana kebanyakan lebih gemar mengobrol dan bermain media sosial. 

“Di kereta api, dan di bis umum di luar negeri kita lihat orang-orang membaca buku, akan tetapi di Indonesia kita melihat orang-orang masih mengobrol dan kebanyakan hanya membaca pesan dari aplikasi percakapan,” kata Nizam.


Dirjen Dikti juga mengungkapkan kalau semangat baca anak-anak di daerah pedesaan sudah mulai meningkat, untuk itu dia berharap agar para penulis fokus untuk menghasilkan buku-buku yang berkualitas. 


“Ketika melihat ke desa-desa, terlihat semangat baca anak-anak meningkat, hal tersebut cukup menarik melihat perpustakan-perpustakaan desa, komunitas, dan perpustakaan keliling mulai dikunjungi oleh anak-anak, saat ini kita harus fokus bagaimana menghasilkan buku -buku yang berkualitas,” ucap Nizam


Lalu dia juga berharap agar nantinya Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia bisa memanfaatkan teknologi sebagai upaya percepatan menyebarluaskan ilmu pengetahuan. 


“Oleh karena itu saya sangat mengharapkan teman-teman dari Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia bisa mengakselerasi produktivitas secara nasional dengan memanfaatkan teknologi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan secepat mungkin serta semasif mungkin,” tutur Nizam. (FH)







Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dirjen Dikti Dorong Afiliasi Penulis Perguruan Tinggi Indonesia Hasilkan Buku Berkualitas

Trending Now

Iklan

iklan