Guru Sebagai Teladan Bagi Siswa-Siswanya dalam Pengamalan Empat Pilar MPR

Sabtu, 28 November 2020 | 15:31 WIB Last Updated 2020-11-28T10:34:55Z


Kabarpendidikan.id
Empat Pilar MPR yang terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NKRI 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, harus terus  menerus disosialisaikan kepada seluruh warga negara diantaranya Guru.


Endro S Yahman sebagai anggota MPR RI saat menyampaikan acara Sosialisasi Empat Pilar MPR di SMK Muhammadiyah 1 Ciputat atas bekerjasama dengan Al Wasat Institute menyatakan bahwa "Empat Pilar MPR ini harus bisa dipahami dan di amalkan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, begitupun bagi guru karena guru sebagai teladan bagi siswa-siswanya”, ujar Endro.


Guru merupakan faktor penting dalam pendidikan, walaupun sekarang dalam banyak hal sudah mulai tergantikan oleh Google. Namun tanpa guru, nilai-nilai Pendidikan karakter bangsa yang berpedoman pada Pancasila tidak akan berjalan dengan baik. Karena itu guru harus menjadi teladan dalam mengamalkan Pancasila” ujar Faozan Amar, Direktur Eksekutif Al Wasath Insitutute


M Edi Suharsongko, kepala PAKIS Tangerang Selatan mengatakan "para guru harus memahami dan mengamalkan empat pilar MPR RI dengan baik dan benar, sehingga dapat menjadi teladan bagi anak didiknya. Apalagi bagi guru agama yang biasanya dalam lingkungan masyarakat menjadi tokoh".


Hal ini penting agar para guru juga memahami empat pilar dan mengajarkan pada siswa.


Acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini diikuti oleh para guru Agama Islam TK sampai SMK di Tangerang Selatan dengan menggunakan protokol Kesehatan Covid-19, yakni pertemuan tatap muka dan pertemuan jarak jauh dengan mode daring. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Guru Sebagai Teladan Bagi Siswa-Siswanya dalam Pengamalan Empat Pilar MPR

Trending Now

Iklan

iklan