Mendikbud; Investasi yang Paling Baik Adalah Investasi SDM Melalui Pendidikan

Selasa, 20 Oktober 2020 | 10:33 WIB Last Updated 2020-10-20T03:33:11Z

 


“Pendidikan adalah senjata paling mematikan didunia, karena dengan pendidikan Anda dapat mengubah dunia.” Nelson Mandela


Kabarpendidikan.Id. Dalam kata-ta tersebut tentu beralasan mengingat betapa pentingnya peran pendidikan dalam melatar belakangi berdiri dan berdaulatnya sebuah bangsa, serta pendidikan juga berfungsi sebagai mekanika penggerak peradaban sebuah bangsa.

 

Sejalan dengan Nelson Maendela, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim turut menekankan bahwa investasi yang paling baik adalah investasi sumber daya manusia melalui pendidikan.

 

Pendidikan yang baik menurut Nadiem hanya dapat didapatkan dari pengajar yang memiliki kompetensi untuk mengajarkan peserta didik agar bisa menciptakan masa depan yang baik untuk Negara.

 

"Saya percaya investasi yang paling berharga untuk investasi adalah untuk investasi sumber daya manusia, tidak terkecuali investasi untuk para guru melalui kebijakan rekrutmen, pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme, dan peningkatan kesejahteraan guru yang terus kami perjuangkan," ujar Nadiem.

 

Mantan founder Gojek itu menyatakan, salah satu upaya Kemendikbud untuk meningkatkan kompentensi pengajar adalah melalui Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) yang kini sudah diikuti 60 ribu guru.

 

PembaTIK merupakan program rancangan dai Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan atau Pusdatin Kemendikbud, yang bertujuan untuk mengenalkan teknologi informasi dan komunikasi kepada para pengajar dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

 

"Saya mengajak seluruh Insan pendidikan untuk menjadikan situasi pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menemukan solusi serta inovasi-inovasi karena sekarang sudah saatnya kita menata ulang pendidikan," jelasnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Nadiem juga mengapresiasi para guru yang telah berjuang untuk beradaptasi dalam kegiatan mengajar di tengah kondisi pandemi yang harus menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh. (LBM)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mendikbud; Investasi yang Paling Baik Adalah Investasi SDM Melalui Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan