Launching; Ubah Status Stikom Muhammadiyah Jayapura Menjadi Universitas Muhammadiyah Papua (UM Papua)

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 18:29 WIB Last Updated 2020-10-24T15:32:51Z

Kabarpendidikan.id  Lembaga Pendidikan di bawah Organisasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah terus meningkatkan status kelembagaannya. Kali ini, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Muhammadiyah Jayapura telah resmi naik status menjadi universitas dengan nama Universitas Muhammadiyah Papua.

 

Wakil Ketua I Stikom Muhammadiyah Jayapura Indah Sulistiani yang juga tim perubahan alih status mengatakan “surat keputusan perubahan status sudah keluar pada 6 Oktober 2020”.

 

SK Kemendikbud sudah diserahkan melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Papua dan Papua Barat kepada pimpinan Stikom Muhammadiyah Jayapura di Biak pada 13 Oktober 2020. Hingga kini nama Universitas Muhammadiyah (UM Papua) telah launching (23/10) berubah nama dari status Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Muhammadiyah Papua.

 

Perubahan ini disambut baik oleh Benhur Tommy Mano, selaku Wali Kota Jayapura bahwasanya “apa yang dilakukan oleh tim dari Universitas Muhammadiyah ini sangat membanggakan, ini merupakan sejarah yang harus di catat dan ini bukanlah hal yang biasa, dan ini bukan hal mudah.” Ucapnya dalam acara launching kemarin.

 

Indah menjelaskan sejarah Stikom Muhammadiyah Jayapura yang didirikan pada tanggal 26 September 2001 atau 19 tahun silam. Selama ini hanya memiliki dua program studi (prodi), yakni Strata-1 Ilmu Komunikasi dan Diploma-3 Hubungan Masyarakat. Pada Mei 2019 disetujui penambahan dua program studi, yakni Kewirausahaan dan Ilmu Lingkungan. Kemudian disetujui tiga prodi lainnya, Program Studi Ilmu Komputer, Psikologi, dan Hukum.

 

Ketujuh prodi masuk ke dalam dua fakultas, yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora yang membawahi prodi Ilmu Komunikasi, Psikologi, dan Hukum. Kemudian Fakultas Sains dan Teknologi yang membawahi Prodi Komputer, Kewirausahaan, dan Lingkungan.

 

Dengan perubahan tersebut, akan ada penambahan dosen dan bangunan penunjang. Kebutuhan mengikuti standar minum akreditasi masing-masing program studi baru. “Akan ada lima dosen tetap di setiap program studi, karena ini adalah standar minum, kami telah sediakan tambahan fasilitas ruang kuliah, laboratorium, perpustakan, dan sarana pendukung lainnya,” katanya.

 

Kampus tersebut telah memiliki fasiltas pendukung perkuliahan, seperti ruangan ‘micro teaching’, laboratorium untuk penyiaran radio, perpustakan, dan alat-alat untuk peliputan, seperti kamera syuting.

 

Saat ini Universitas Muhammadiyah Papua memiliki 29 dosen ilmu komunikasi, 34 dosen luar biasa, dan sekitar 1.200 mahasiswa. Akreditasi Prodi Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat masing-masing “B”. Sedangkan akreditasi tingkat universitas “C”.

 

“Dengan perubahan status menjadi universitas tentu pihak kampus akan melakukan peningkatan sumber daya dosen, tenaga nonkependidikan, dan sarana-prasarana,” ujarnya.

 

Saat ini perkuliahan masih jalan di kampus. Hanya saja ada sejumlah mahasiswa,terutama dari daerah pegunungan, yang tertahan di kampungnya kerena kesulitan transportasi akibat dampak pandemi Covid-19.

 

Setiap tahun rata-rata calon mahasiswa yang mendaftar tiap prodi 300 orang. Namun di masa pandemi tahun ini menurun menjadi 250 orang.

 

Sesuai peraturan pemerintah, kata Indah, pelaporan mahasiswa baru untuk semester ganjil sudah selesai. Saat ini pihak kampus sedang berkoordinasi dengan Lembaga Layanan Dikti apakah memungkinkan membuka penerimaan mahasiswa baru pada semester genap.

 

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Papua Michael Edowai mengaku sangat bangga dengan perubahan alih status kampusnya. Menurutnya, “Stikom Muhammadiyah merupakan kampus Islam di Tanah Papua yang kemudian mayoritas menerima mahasiswa Papua, khususnya mahasiswa dari pegunungan. Pihak kampus pun sering mengerti dan memberikan keringanan kepada mahasiswanya.” Ujarnya.

 

Edowai berharap Universitas Muhammadiyah Papua terus berkembang di Tanah Papua dan menghasilkan sarjana-sarjana yang unggul untuk membangun daerah “Selama ini kan Papua dianggap tertinggal, dengan adanya kampus ini kita dapat bersaing dengan teman- teman di Indonesia bagian lainnya,” katanya.

 

Hal senada juga juga disampaikan Ketua MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Papua Habel Heluka. Ia juga mengaku bangga kampusnya berubah status. Heluka menyampaikan terima kasih kepada rektor dan para dosen yang sudah bekerja keras.

Heluka berharap dengan perubahan tersebut para mahasiswa dapat lebih dilibatkan dalam kegiatan kampus dan kualitas perkuliahan semakin meningkat. (ABL)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Launching; Ubah Status Stikom Muhammadiyah Jayapura Menjadi Universitas Muhammadiyah Papua (UM Papua)

Trending Now

Iklan

iklan