Nadim: Masalah Pendidikan tidak bisa diselesaikan melalui satu jawaban

Minggu, 13 September 2020 | 13:41 WIB Last Updated 2020-09-13T06:41:20Z
Nadim Makarim saat dipanggil ke Istana negara

kabarpendidikan.id -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan masukan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) terkait pendidikan sangat penting. Nadiem mengatakan, masalah sektor pendidikan tidak bisa diselesaikan melalui satu jawaban.

"Tidak ada jawaban satu-satunya dalam pendidikan. Pendidikan menurut saya adalah tingkatan kompleksitas yang paling tinggi," kata Nadiem, dalam Global Education Monitoring Report 2020, disiarkan di Youtube Kemendikbud, Jumat (11/9).

Ia menjelaskan, saat ini di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terdapat banyak wajah baru yang juga memiliki pengalaman terlibat dalam organisasi masyarakat di bidang pendidikan. Ia juga mengungkapkan, keputusan yang diambil Kemendikbud selalu berdasarkan pandangan berbagai pemangku kepentingan.

"Saya pikir, memiliki perspektif dari LSM, berbagi pengalaman dan sejarah, karena kita semua belajar bersama, akan memberikan hasil yang lebih baik," kata dia menambahkan.

Salah satu langkah Kemendikbud untuk mendengar masukan dari masyarakat adalah mengadakan program yang melibatkan organisasi masyarakat bidang pendidikan. Melalui program ini, Kemendikbud akan melihat apa saja yang dilakukan organisasi masyarakat tersebut dalam bidang pendidikan.

"Kita akan melihat apa saja strategi yang ada di luar sana, dan kementerian akan bisa untuk mengobservasi, mengukur, dan kemudian mengimplementasikannya ke skala nasional jika sukses," kata dia lagi

Sumber 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Nadim: Masalah Pendidikan tidak bisa diselesaikan melalui satu jawaban

Trending Now

Iklan

iklan