Tim ini sendiri
diketuai oleh Rosalina selaku Dosen FTII Uhamka, dengan anggota Ade Davy
Wiranata selaku dosen dari FTII Uhamka, dan Akhmad
Haqiqi Ma’mun selaku dosen Pascasarjana
Uhamka, dibantu dari tiga orang anggota mahasiswa FTII yaitu Ahmad Amirudin
Mukhtar, Ninda Baitza Maulana, Abrar Dyah Rabbani.
Dalam kegiatan
ini, tim pengmas melatih guru-guru untuk lebih berkreasi dalam membuat materi
pembelajaran dengan menggunakan aplikasi
Desain 3D Tinkercad.
Rosalina sebagai
ketua Tim pengmas Risetmu di lokasi ini mengatakan bahwa pembelajaran adalah aktivitas yang
diberikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik agar terjadi proses
transfer ilmu pengetahuan. Proses transfer ilmu ini agar lebih berhasil maka
disarankan kepada guru-guru untuk berinovasi terhadap visualisasi materi yang
ditampilkan.
“Dengan memberikan
tampilan gambar yang menarik yaitu bergaya desain 3D
menggunakan aplikasi Tinkercad, sehingga diharapkan siswa terpacu untuk membaca
dan belajar dari tampilan materi yang disajikan,” ujarnya.
Lebih lanjut ibu Rosalina memberikan pengarahan bahwa pengambaran visual
ini terutama untuk bidang ilmu Matematika, IPA (Fisika, Biologi, Kimia),
Kesenian yang ditujukan untuk mengambar tentang objek sasaran. Sedang mata
pelajaran IPS secara umum manggambarkan situasi sejarah atau kondisi lokasi
sejarah.
Selanjutnya, dalam hal ini Akhmad Haqiqi memberikan materi mengenai media
pembelajaran. Ia menjelaskan bahwa Media pembelajaran terdiri dari berbagai
macam jenis dan manfaat. Menurutnya, aplikasi Tinkercard akan membantu guru dan
siswa dalam memahami materi pembelajaran.
“Terkait media
pembelajaran ada beberapa yang bisa digunakan antara lain Audio, Non-Projected, Project Visual, Video dan
Film, Multimedia Kits, Electronic
distribution system, Games anf simulation. Penggunaan aplikasi Tinkercad
sebagai media pembelajaran sangat Efektik dan mudah diakses bagi siswa untuk
memahami materi pembelajaran yang disajikan. Guru juga lebih mudah dalam memberikan penjelasan terhadap fokus materi
pembelajaran,” tuturnya.
Dalam pelatihan media pembelajaran ini, guru-guru sangat
antusias dalam mendengarkan penjelasan dari beberapa nara sumber sehingga
banyak pertanyaan dari peserta yang sifatnya ingin lincah dalam menggunakan
aplikasi desain 3D Tinkercad.
Berharap, kegiatan ini akan berkelanjutan dan terus membangun komunikasi dengan mitra sehingga mitra terus terpacu dalam berinovasi dalam visualisasi materi pembelajaran sehingga target akan meningkatkan minat belajar anak akan tercapai.