Mahasiswa FKIP Uhamka Siap Implementasikan Sikap Guru Profesional, UPT PLP Sosialisasikan PLP Batch 1

Senin, 03 Juni 2024 | 15:06 WIB Last Updated 2024-06-03T08:06:47Z

KabarPendidikan.id Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar Sosialisasi PLP untuk Mahasiswa Batch 1 di Aula Ahmad Dahlan Lantai 6 FKIP Uhamka, Senin (3/6).


Acara ini dihadiri oleh Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Ika Yatri selaku Wadek I FKIP Uhamka, Samsul Maarif selaku Wadek II FKIP Uhamka, Novanita Whindi Arini selaku Kepala UPT PLP FKIP Uhamka, serta mahasiswa peserta PLP FKIP Uhamka.


Sosialisasi ini dibagi menjadi dua sesi dengan sesi pertama diisi oleh 319 peserta dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PG PAUD, dan Pendidikan Fisika. Sesi kedua diisi oleh 431 peserta dari Program Studi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Bimbingan Konseling.


Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) sendiri merupakan proses observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa program sarjana pendidikan untuk mempelajari aspek pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh mahasiswa semester 7 FKIP Uhamka selama satu semester, dimulai sejak Juli – Desember 2024.


Dalam sambutannya, Purnama Syae Purrohman Dekan FKIP Uhamka menyampaikan empat kemampuan yang harus diasah oleh mahasiswa untuk menghadapi pelaksanaan PLP, diantaranya peningkatan performance, manajemen kelompok, manajemen dengan fakultas dan prodi, dan manajemen di sekolah. Hal ini ditujukan agar mahasiswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan pelaksanaan PLP di sekolah tujuan.


“Kita harus mulai menata diri, paling tidak manajemen diri harus kita persiapkan seperti unjuk kinerja dan performance kita dalam menyesuaikan lingkungan. Kemudian manajemen kelompok, tentang bagaimana kalian dapat mengelola dan menyelesaikan permasalahan selama kalian menjalani PLP nanti. Selain itu, jalinlah komunikasi dengan fakultas dan prodi. Manajemen di sekolah harus dilakukan dengan baik, selama pelaksanaan PLP ini, kalian akan menjadi tamu di sekolah tujuan, maka pahami dan pelajarilah bagaiaman kultur dan budaya di sekolah tersebut,” pungkasnya.


Selain itu, Purnama juga menuturkan, mendidik bukan hanya ilmu melainkan seni dalam mengajar, tapi juga membimbing dan membentuk karakter peserta didik agar cerdas dan berakhlak dalam kehidupan. Maka, ia harap kompetensi dan skill yang telah didapatkan di FKIP Uhamka dapat diimplementasikan dengan baik dalam pelaksanaan PLP mahasiswa.


“Ilmu mendidik bukan hanya sebuah ilmu, tapi seni. Seni bagaimana kita bisa berdiri dengan tegak di depan siswa untuk mendorong mereka menjadi generasi bangsa yang berilmu dan berakhlak. Di semester 7 nanti, kalian akan turun langsung ke sekolah untuk mengimplementasikan teori dan keilmuan yang telah kalian dapatkan selama belajar di FKIP Uhamka. Ini akan menjadikan ilmu yang kalian dapatkan lebih aktual dan membumi,” pungkas Purnama.


Novanita Whindi Arini selaku Kepala UPT PLP FKIP Uhamka dalam pemaparannya menjelaskan bahwa PLP dapat dilaksanakan di sekolah mitra yang telah memiliki MoU dengan Uhamka, masih berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, mahasiswa dapat mengajukan sekolah baru dengan ketentuan yang telah ditetapkan, dan mitra sekolah diperbolehkan berada dibawah naungan dinas atau Departemen Agama.


Selain itu, Novanita juga menyampaikan bahwa mahasiswa peserta PLP akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8 anggota. Nantinya, sistem keanggotaan akan berkonsep heterogen (digabung), kecuali prodi PAUD dan PGSD. Penentuan kelompok dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) merupakan wewenang prodi (kecuali kelompok heterogen).


“Karena nantinya mahasiswa peserta PLP dari prodi PAUD dan PGSD akan ditempatkan khusus di Sekolah Dasar dan PAUD yang telah dituju. Maka, mahasiswa peserta PLP dari prodi lainnya akan digabung dengan prodi lain dalam satu kelompok yang sama (heterogen). Nanti akan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan sekolah, seperti SMP/SMA/SMK,” lanjutnya.


Pendaftaran dan pembayaran PLP FKIP Uhamka telah dibuka pada 3 Juni 2024 s.d 30 Juni 2024 mendatang. Mahasiswa dapat mengakses link berikut untuk melakukan pendaftaran: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeIWCrTvOMpgDzZPh9-rk3vnclyxnQcT23M08W0ULN6N9jTcg/viewform



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa FKIP Uhamka Siap Implementasikan Sikap Guru Profesional, UPT PLP Sosialisasikan PLP Batch 1

Trending Now

Iklan

iklan