Sekolah Indonesia Davo Peringati Hari Pendidikan Nasional 2024

Kamis, 02 Mei 2024 | 11:07 WIB Last Updated 2024-05-02T04:07:29Z

KabarPendidikan.id Satu dari sekian Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN), Sekolah Indonesia Davao-Filipina (SID) merayakan Hari Pendidikan Nasional 2024 dengan menyongsong tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar.

Acara ini dilaksanakan dengan cara yang sederhana namun berkesan karena dilakukan di tengah suasana Tes Sumatif Akhir Semester untuk kelas IX dan VI SD. Beberapa murid kelas XII juga telah kembali ke rumah setelah menjalani Tes Sumatif Akhir Semester.


Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Davao menerima laporan bahwa Indra Tejamukti Wakil Kepala Kepala Kurikulum SID selaku pembina upacara telah menyampaikan sambutan dan pesan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim.


Adapun dalam pesannya, Mendikbudristek menyebutkan bahwa perlu adanya transformasi sistem pendidikan dalam lima tahun kedepan, para Stakeholder perlu memperjuangkan itu karena hal tersebut tidak mudah.


“Pasti dalam proses menuju perubahan yang baik itu, kita akan ditemani dengan rasa tidak nyaman. Saat ini kita telah menapaki proses yang benar, namun itu tidak cukup. Semua usaha yang kita kerahkan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan,” ujarnya.


Pembina upacara, Indra Tejamukti pun mengungkapkan peringatan Hari Pendidikan Nasional dapat menjadi muhasabah dan evaluasi bagi sistem pendidikan agar dapat terus berkembang. Sistem pendidikan yang baik harus menguasai tiga semboyan filosofi pendidikan, seperti Ing Ngarsa Sung Tuladha (dari depan memberikan teladan), Ing Madya Mangun Karsa (di tengah membangkitkan semangat), dan Tut Wuri Handayani (dari belakang memberi dorongan).


“Setiap anak tentu memiliki cerita dan impian yang berbeda. Disini, kebanyakan murid SID adalah anak bangsa yang lahir dan besar di Filipina. Maka tugas kami sebagai pendidik disamping mengajar adalah menanamkan nilai pancasila dengan baik untuk mengindonesiakan anak-anak bangsa ini,” tuturnya.


DYL

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekolah Indonesia Davo Peringati Hari Pendidikan Nasional 2024

Trending Now

Iklan

iklan