KabarPendidikan.id - Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) dan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Optimalisasi Pemasaran Digital pada Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah. Lokasi seminar diadakan diruang rapat khusus antar unit TK Islam Mulia, MI Plus, SMP, dan SMA Fatahillah pada Kamis (14/12).
Partisipan dihadiri oleh kepala dan wakil kepala
sekolah antar unit, dan staf admnistrasi.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Hasanudin A. Ghani selaku Kepala Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah menuturkan, Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah sudah menerapkan pemasaran secara digital dan konvesional. Untuk pemasaran secara konvesional sudah dilakukan dengan sangat baik. Namun, untuk pemasaran secara digital dipikir masih belum optimal, karena masih adanya keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki.
"Maka dengan hal tersebut, diperlukan upaya
penguatan, dan mampu memiliki identitas secara digital, sehingga meraih pasar
yang lebih luas pada daerah-daerah tertentu, dan peningkatan jumlah siswa
maupun siswi," tutur Hasanudin.
Berdasarkan dari hasil wawancara yang sebelumnya sudah
dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat, bahwa untuk pemasaran digital yang
selama ini dilakukan masih belum optimal, sehingga perlu dibentuk strategi, dan
manajemen yang baik.
Oleh karena itu, Nur Chalik Azhar selaku Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat
ini berinisiatif untuk melakukan kegiatan seminar secara luring, dengan tujuan memberikan
pemahaman secara umum bagaimana untuk membentuk strategi-strategi, dan me-manajemen
aktivitas-aktivitas pemasaran digital dengan baik, sehingga dampak yang
diberikan tidak hanya berfokus dalam menentukan strategi dan manajerial.
Tetapi, dapat membantu mencapai tujuan yang diharapkan oleh Kepala Yayasan
Pusat Perguruan Fatahillah, yaitu mampu memiliki identitas yang kuat, dan meraih
pasar yang lebih luas pada daerah-daerah tertentu.
"Di era perkembangan teknologi sekarang ini,
lembaga sekolah sudah harus memiliki kesadaran tinggi dalam dalam pemanfaatan
teknologi informasi, terutama dalam pemasaran digital, karena sudah banyak
sekali masyarakat yang menggunakan ponsel pintar dalam kehidupan sehari-hari. Lembaga
sekolah harus mengambil peluang dalam memanfaatkan media-media yang sudah cukup
populer digunakan. Oleh karena itu, pentingnya program pengabdian kepada
masyarakat ini dilakukan, agar dapat memberikan dampak yang positif dalam
pemasaran digital di Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah,” ucap Nur.
Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat
tersebut adalah membuahkan strategi-strategi, struktur organisasi, dan
penentuan segmentasi pasar dalam pemasaran digital. Dari hasil-hasil tersebut,
didapatkan dari hasil diskusi pada sesi akhir kegiatan tersebut. Selain itu, Nur
Chalik Azhar menyarankan bahwa diperlukan kontrol yang baik pada saat melakukan
aktivitas-aktivitas pemasaran digital, karena dapat menentukan keberhasilan dan
efektivias dalam melakukan pemasaran digital dimitra tersebut. Kegiatan
pengabdian kepada masyarakat ini, merupakan bagian dari komitmen dosen-dosen
dari Program Studi Teknik Informatika, dan Manejemen, Uhamka, dalam mewujudkan
Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.