Dosen PGPAUD FKIP Uhamka Tanamkan Peduli Lingkungan Sejak Dini di Kuldeesak Krabi School Thailand

Selasa, 05 Maret 2024 | 16:30 WIB Last Updated 2024-03-05T09:30:05Z


KabarPendidikan.id
Dosen Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan pengabdian masyarakat internasional dengan memberikan pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Karakter Peduli Lingkungan di Kuldeesak Krabi School di Thailand, Senin (4/3).


Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka dengan Kuldeesak Krabi School. 


Kuldeesak Krabi School yang berlokasi di Khlong Khanan, Nuea Khlong District masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan belum optimal dalam pemanfaatan media pembelajaran.


Dosen PG  PAUD FKIP Uhamka menjelaskan pentingnya kreativitas guru dalam menanamkan karakter peduli lingkungan sejak usia dini menggunakan berbagai media pembelajaran.


Khusniyati Masykuroh, Dosen PGPAUD FKIP Uhamka sekaligus narasumber menyampaikan berbagai media permainan anak dapat menjadi media pengembangan karakter anak. Maka dari itu, Tim PKM PGPAUD FKIP Uhamka membawa hasil penelitiannya untuk diaplikasikan.


“Dunia anak usia dini adalah bermain. Oleh karena itu kami membawa hasil penelitian dosen dan mahasiswa PG PAUD berupa big book, kartu bergambar, dan ular tangga karakter peduli lingkungan yang bisa digunakan untuk permainan anak usia usia dini di Kuldeesak,” jelas Khusniyati Masykuroh.


Oktarina Dwi Handayani juga menjelaskan bahwa melalui permainan, guru bisa mengenalkan nilai-nilai karakter peduli lingkungan seperti membuang sampah sesuai jenisnya, memakai barang yang ramah lingkungan dan tidak hanya satu kali pakai, menjaga kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya.


“Pendidikan karakter merupakan hal yang penting untuk ditanamkan ke dalam diri anak. Ini dapat kita lakukan melalui berbagai media pembelajaran,” lanjutnya.


Pelatihan diikuti dengan antusias oleh para guru Kuldeesak Krabi School dan dipraktekkan langsung bersama 15 anak usia dini. Guru dan siswa menunjukkan respon yang baik dan terlibat langsung dalam praktek bermain, tanya jawab, dan diskusi bersama tentang kampanye peduli lingkungan.


Mr. Anat Kuldee, Kepala Sekolah Kuldeesak sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat dosen PG PAUD FKIP Uhamka dan menyampaikan bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk guru-guru dan siswa di sekolah.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen PGPAUD FKIP Uhamka Tanamkan Peduli Lingkungan Sejak Dini di Kuldeesak Krabi School Thailand

Trending Now

Iklan

iklan