Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Uhamka Berikan Wawasan Tentang Penggunaan Arduino Uno

Sabtu, 24 Februari 2024 | 11:24 WIB Last Updated 2024-02-24T04:24:12Z

KabarPendidikan.id Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) adalah mahasiswa yang disiapkan untuk menjadi guru-guru professional di bidang keilmuannya. Tidak hanya itu, mahasiswa juga dibekali pemahaman mendalam terkait metode dan cara mengajar yang berkualitas guna terciptanya guru-guru yang berkompeten dan diminati oleh siswa. Oleh karena itu, agar lebih siap ketika mengajar, maka Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Uhamka terjun langsung ke sekolah MA AL JIHAD untuk memberi pelatihan tentang “Penggunaan Arduino Berbasis LED Sederhana” senin, (5/2).


Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 27 Siswa-siswi MA AL-Jihad, serta beberapa guru pendamping MA Al-Jihad dan kepala sekolah yang benar-benar menemani pelatihan secara langsung dalam proses pelatihan. 


Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan siswa siswi terhadap ilmu yang berkaitan LED yang dikhususkan dalam robotik dan coding atau instrumentasi dalam Arduino Uno khususnya pengaruh lampu merah yang berkedip-kedip yang dipengaruhi oleh script-script didalamnya. Dengan peran Mahasiswa, peserta dapat menyerap pengetahuan secara optimal.


Kegiatan diawali dengan penjelasan tentang apa itu arduino, fungsi, manfaat, serta tujuan digunakannya script dalam arduino sebagai pengantar bagi siswa-siswi dalam memahami materi. Kemudian, dilanjutkan dengan proses simulasi atau workshop yang dilakukan secara berkelompok dengan tutor dari setiap kelompok sebanyak satu orang tutor. 


Ketua kelompok mahasiswa yang memberi pelatihan, Syabila Suzela Fazriyah juga menyampaikan ucapan terimakasih karena telah memberikan ruang bagi mahasiswa untuk menyebarkan ilmu pengetahuan.


“Tidak banyak yang dapat kami lakukan selain melakukan pelatihan di sekolah dan tentunya tidak lupa kami sampaikan terimaksih. Semoga pelatihan ini memberikan manfaat bagi peserta didik akan pentingnya IPTEK di zaman yang serba digital saat ini,” pungkas Syabila.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Uhamka Berikan Wawasan Tentang Penggunaan Arduino Uno

Trending Now

Iklan

iklan