Penggunaan Transportasi Umum di Jakarta

Senin, 01 Januari 2024 | 09:51 WIB Last Updated 2024-01-01T02:51:00Z

 



Alya Septiani

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

Setiap orang membutuhkan transportasi dalam melakukan aktivitasnya. Transportasi memudahkan manusia dalam menjalankan aktivitasnya baik untuk bekerja, bersekolah, berbelanja, maupun hanya untuk sekedar jalan-jalan. DKI Jakarta memang Ibu Kota Negara Indonesia dan juga rata-rata penduduknya adalah pekerja, pebisnis serta pengusaha. Namun, tidak semua penduduk Kota Jakarta memiliki ekonomi yang mencukupi hingga mampu untuk membeli kendaraan pribadi meskipun ia sangat membutuhkannya. Maka dari itu pemerintah mulai meluncurkan adanya transportasi umum di Jakarta dan provinsi lainnya di Indonesia untuk memudahkan aktivitas masyarakat.

Namun, banyak orang yang merasa tidak nyaman dan tidak aman ketika menggunakan transportasi umum. Tidak sedikit juga kasus pencopetan dan pelecehan seksual yang terjadi ketika menggunakan transportasi umum. Karena hal itu lah banyak orang yang juga merasa semakin takut untuk menggunakan transportasi umum. Selain itu, tidak sedikit juga orang menilai banyak kekurangan ketika menggunakan transportasi umum seperti waktu tempuh menjadi lebih lama, sesak, memiliki waktu operasi yang terbatas, adanya rute yang tidak tertempuh oleh transportasi umum, serta biaya yang lebih mahal.

Karena hal itu lah banyak orang yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum karena dinilai lebih efektif. Padahal, yang menjadi penyebab utama Kota Jakarta selalu macet adalah tingginya penduduk yang cenderung menggunakan kendaraan pribadi setiap harinya. Karena jumlah kendaraan pribadi terus bertambah setiap tahunnya namun kapasitas jalan tidak ada perubahan. Jika dilihat dari kota-kota besar di Negara maju, sistem penggunaan transportasi umum di Indonesia masih sangat minim dan kurang memadai.

Seiring perkembangan zaman, kini moda transportasi umum sudah lebih baik sehingga terasa lebih aman serta lebih nyaman digunakan. Seperti yang kita ketahui, saat ini transportasi umum di Jakarta memiliki tempat terpisah untuk wanita seperti di busway TransJakarta, KRL, MRT serta LRT. Selain itu, di setiap transportasi umum juga telah disediakan barcode yang bisa kita gunakan untuk melapor apabila kita memiliki keluhan atau mengalami yang yang tidak mengenakkan ketika menggunakan layanan moda transportasi umum tersebut. Saat ini juga transportasi umum di Jakarta telah menggunakan pendingin ruangan sehingga penumpang tidak akan merasa kegerahan. Biaya yang dikenakan juga lebih terjangkau.

Berdasarkan teks di atas, menurut saya pemerintah harus lebih tegas dalam mendorong masyarakat agar lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum. Dengan adanya berbagai jenis transportasi umum yang telah disediakan oleh pemerintah, perjalanan menjadi lebih mudah, nyaman, dan efisien. Selain itu, dengan kita menggunakan transportasi umum juga akan membantu mengurangi masalah kemacetan lalu lintas, polusi udara, menghemat pengeluaran, melatih diri agar menjadi disiplin, mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan yang sering dialami oleh pengguna kendaraan pribadi, serta mendukung keberlanjutan lingkungan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penggunaan Transportasi Umum di Jakarta

Trending Now

Iklan

iklan