Pengaruh Produk Impor Terhadap Produk Lokal

Minggu, 28 Januari 2024 | 10:43 WIB Last Updated 2024-01-28T03:43:00Z

 


Oleh : Hanuun Nur Azizah (2302025080)

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka


Sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu produk lokal? Dan apa itu produk impor?, Produk lokal adaah produk yang di produksi dan dijual dalam negeri . Produk ini dapat dihasilkan oleh perusahaan kecil, menengah, maupun besar. Produk loka juga bisa berasal dari Indonesia. Sedangkan Impor, Barang-Barang yang didatangkan dari luar negeri.

Di tahun ini Barang ekspor sedang naik daun banyak sekali produk produk luar negeri yang berdatangan masuk ke indonesia dari mulai harganya yang murah hingga mahal. Produk Impor yang sedang merajalela di Indonesia sekarang ini kebanyakan terdapat di bidang fashion.

Pada saat ini kita bisa ambil contohnya yaitu Thrifting, Siapa yang tidak tau tentang ini dimana banyak sekali produk produk second impor / barang bekas. Walaupun banyak orang yang sudah tau bahwa thrifting adalah barang bekas mereka tetap saja membelinya karna harganya yang murah dan terdapat Brand-brand besar dari luar negeri.

Sebagai anak muda (mahasiswi) saya juga tertarik untuk membeli baju thrift karna harganya yag murah dan kualitasnya yang masih layak pakai, Tapi kita juga harus berhati hati dengan membeli barang impor thrifting karena itu bisa termasuk barang ilegal karna tidak melalui bea cukai dan membayar pajak yang seharusnya dimana jika ada barang luar negeri ingin masuk ke Indonesia mereka harus melewati tahap bea cukai untuk membayar pajak.

 Tidak ada salahnya membeli barang thrift tetapi apakah kalian tidak ingin mendukung produk lokal supaya bisa terus berkembang ? Masih banyak karya produk bangsa yang bisa kita bantu lestarikan dari pada prosuk impor , apakah kalian tahu bahwa dengan kita membeli produk impor produk negara kita sendiri pun akan terus terbawahi dan tidak akan bisa maju ?

Produk impor bisa memberi pengaruh negatif terhadap perekonomian di indonesia, Maka dari itu kita sebagai generasi muda indonesia mungkin bisa lebih selektif lagi dalam membeli sebuah produk impor maupun lokal. Karena sepengetahuan saya banyak sekali anak-anak muda di indonesia yang membantu membangun perekonomian indonesia dengan membuka suatu usaha. Alangkah baiknya jika kita dukung produk produk karya anak bangsa kita sendiri.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengaruh Produk Impor Terhadap Produk Lokal

Trending Now

Iklan

iklan