Berbahasa sesuai Latar Tempat dan Waktu

Sabtu, 13 Januari 2024 | 09:55 WIB Last Updated 2024-01-13T02:55:00Z



Oleh : Ghozi Abdurrahman

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

Bahasa adalah ucapan, pikiran, dan perasaan manusia secara teratur, dengan adanya bahasa dapat memudahkan seseorang dalam berkomunikasi antar manusia, terutama dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat Indonesia terdiri dari banyak Suku dan Ras sehingga terdapat banyak ragam bahasanya, suku sunda tidak akan sama bahasanya dengan suku jawa dan begitu juga dengan suku lainnya. Keragaman bahasa daerah ini hanya ada di Indonesia sehingga ini menjadi sebuah ciri khas dari bangsa ini, untuk menyatukan semua Suku dan Ras dengan ragam bahasa yang berbeda digunakanlah Bahasa Nasional yaitu Bahasa Indonesia.

 

Bahasa Indonesia dapat memudahkan komunikasi antar suku yang berbeda, dengan adanya bahasa Indonesia masyarakat tidak perlu bingung ketika melakukan berbagai aktivitas salah satunya jual beli. Ketika si pembeli dari daerah dan suku yang berbeda, berbelanja kepada penjual yang notabene penduduk lokal dan dari suku yang berbeda, akan sulit bagi mereka jika mengguanakan bahasa daerah masing-masing dalam transaksi jual beli. Disinilah letak fungsi dan manfaat bahasa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Pada usia 6 bulan setiap bayi sudah mampu untuk mengucapkan sebuah kata dari apa yang mereka dengarkan walaupun itu terbata-bata. Kata-kata inilah yang disebut Bahasa Ibu, jika kata-kata yang mereka sering dengarkan adalah bahasa daerah maka bahasa daerahlah yang akan menjadi bahasa ibu mereka, dan ini sangat penting untuk dilestarikan.

 

“Bahasa daerah sangatlah penting untuk dilestarikan”, mengapa dikatakan demikian? Karena, bahasa daerah adalah ciri khas dari sebuah suku dan daerah tertentu sehingga bahasa itu tidak punah. Banyak contoh kasus ketika orang tua beda suku dan berbeda bahasa saat memiliki anak, mereka bingung untuk mrnggunakan bahasa apa yang akan digunakan untuk berbicara kepada anaknya, sehingga Bahasa Indonesialah yang akan mereka gunakan. 

 

Pada kasus seperti ini, akan terdapat suatu masalah yang mana ketika anak yang tidak bisa berbahasa daerah padahal dia berasal dari suku tertentu, maka dia akan kehilangan ciri khas dari sukunya sendiri dan bahkan bisa sampai kepada kasus masyarakat tidak percaya kalau dia berasal dari suku dan daerah tersebut. Disinilah letak pentingnya bagi kita  melestarikan bahasa daerah, bahasa Nasional memanglah penting akan tetapi bahasa daerah juga sama pentingnya.

 

Mari kita gunakan bahasa sesuai latar tempat dan waktu, sehingga kita dapat memahami manfaat bahasa dalam kehidupan bermasyarakat.

 

 

             

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berbahasa sesuai Latar Tempat dan Waktu

Trending Now

Iklan

iklan