Praktik Manajemen untuk Kemajuan Bangsa

Minggu, 31 Desember 2023 | 09:21 WIB Last Updated 2023-12-31T02:21:00Z






Oleh :Muhammad Zeshan Zharfana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA  

  

Mungkin dalam sehari hari kita sudah tidak asing lagi dengan kata manajemen. Baik itu dalam kegiatan pembelajaran maupun pekerjaan. Dalam pengartiannya manajemen adalah pengurusan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penatausahaan. Sementara itu, dalam kamus umum bahasa Indonesia, manajemen diartikan sebagai cara mengatur suatu perusahaan besar. Pengelolaan atau pengaturannya dipastikan oleh pengelola (manajer/pemimpin) sesuai dengan tatanan pengelolaan. Dan juga baik secara langsung ataupun tidak langsung manusia selalu beriringan dengan prinsip-prinsip manajemen. perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan merupakan serangkaian kegiatan manajemen untuk tujuan yang telah ditentukan.

 

Menurut John D. Millet, manajemen adalah proses mengarahkan dan memotivasi kerja orang-orang yang terorganisir secara formal untuk mencapai tujuan. agar operasional bisnis dapat berlangsung secara efisien dan efektif diperlukan pengelolaan yang cakap. Fungsi manajemen harus di jelaskan secara rinci dalam operasional bisnis. Dan fungsi manajemen akan tetap sama sekalipun di jalan dalam organisasi besar atau kecil dan dimanapun itu berada.

 

Manajemen kinerja di instansi pemerintah Indonesia bermula dari semangat untuk menciptakan instansi pemerintah yang profesional. Dan mendorong birokrasi untuk menggunakan anggaran negara secara efektif dan efisien adalah salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk dampak yang positif dalam tujuan pembangunan. Departemen PAN-RB sebagai instansi pemerintah pusat yang bertanggung jawab mengawasi kualitas pelaksanaan manajemen kinerja menilai kematangan instansi pemerintah. Penilaian ini dilakukan karena instansi pemerintah memiliki tingkat kematangan yang berbeda-beda. Dalam penilaiannya menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam penerapan manajemen kinerja di Indonesia, yaitu ketidakmampuan instansi pemerintah untuk merumuskan tujuan dan sasaran strategis yang berorientasi pada hasil.

 

Konsep value for money yang merupakan urat nadi penganggaran kinerja pun pemerintah memiliki sedikit pemahaman tentang hal tersebut. pemerintah terbiasa dengan paradigma single-item budget, yang hanya berfokus pada pembiayaan input tanpa mengetahui apakah pembiayaan input tersebut akan menghasilkan output dan outcome yang berdampak pada pembangunan. Indonesia adalah negara dengan sumber daya alam (natural resources) yang melimpah dan sumber daya manusia (human resources). Karena sumber daya alam yang melimpah, seharusnya dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

 

Upaya yang bisa di lakukan untuk mengatasi permasalahan ini di antaranya Pengembangan kompetensi pegawai harus memiliki aturan yang jelas dan pelaksanaannya harus terkoordinasi antara kebutuhan individu dengan kebutuhan organisasi. Pemerintah pusat perlu berupaya mengubah mentalitas dan fungsi birokrasi, serta menyediakan perencanaan program/kegiatan yang baik. Di Indonesia, proses perubahan mentalitas dan cara kerja akan sangat efektif jika dilakukan dari atas ke bawah. Dan untuk pribadi sendiri kita sebagai manusia yang mempunyai intelektual ada baiknya kita selalu mengembangkan diri dan unggul di banding orang lain. Karena kita sebagai generasi penerus sudah sepatutnya kita siap menerima tongkat estafet yang akan diberikan di generasi sekarang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Praktik Manajemen untuk Kemajuan Bangsa

Trending Now

Iklan

iklan