PLN DKI Bersama Siswa SMKN Hasilkan Dua Mobil yang Dikonversi pada Program Elvis II

Kamis, 02 November 2023 | 14:16 WIB Last Updated 2023-11-02T07:16:55Z


KabarPendidikan.id
- Pln Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya bersama dengan siswa SMKN 1 dan SMKN 26 Jakarta berhasil membuat terobosan baru yakni mengubah bahan bakar minyak menjadi bahan bakar listrik dalam sebuah progam Konversi Kendaraan Listrik (ELVIS) level 2. Progam ini diadakaan bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-78 dan didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Kedua mobil yang berhasil dikonversi adalah berjenis minibus Granmax dari siswa SMKN 1 Jakarta dan Jimny Katana dari SMKN 26 Jakarta.

 

Purwosusilo selaku PLT Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menyatakan bahwa ia sangat bangga kepada para siswa SMKN 1 dan SMKN 26 yang telah berpatisipasi pada acara tersebut. Ia berharap para siswa mendapatkan pengalaman yang menarik selama mengikuti acara tersebut dan menjadi bekal bagi masa depan mereka.

 

“Saya sangat bangga kepada para siswa SMKN 1 dan SMKN 26 Jakarta. Saya juga berterimakasih kepada PLN yang telah menyelenggarakan dan mendukung progam ELVIS ini. Harapan saya adalah para siswa dapat memiliki pengalaman yang menarik untuk masa depan mereka,” tuturnya.

 

Kualitas yang dimiliki oleh mobil-mobil yang sudah dikonversi tidak kalah menariknya dengan mobil berbahan bakar minyak. Kapasitas mobil Grand Max tersebut memiliki jarak tempuh 160 km dan kecepatan rata-rata 60 km perjam dengan waktu pengisian baterai sekitar 8 jam. Sementara mobil konversi Jimny Katana menempuh jarak 180 km dengan kecepatan rata-rata 60 km per jam dan proses pengisian baterai sekitar 8 – 9 jam.

 

Melihat tingginya antuasisme dan semangat para siswa ketika mengikuti progam tersebut akhirnya progam konversi kendaraan listrik dijadikan sebagai mata pelajaran tambahan intrakulikuler diluar dari mata pelajaran wajib.

 

M. Bakri Akkas sebagai Ketua Progam Elvis sekaligus Kepala Sekolah SMKN 26 Jakarta menyatakan bahwa prpgam konversi kedua mobil listrik ini berjalan dengan lancar.

 

“Kami ucapkan Alhamdulillah, progam konversi SMKN 1 dan SMKN 26 Jakarta berhasil dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan. Banyak sekali pengalaman dan pelajaran dapat diperoleh oleh seluruh warga sekolah baik para siswa,guru maupun saya selaku kepala sekolah,” Katanya.

Progam konversi Elvis ini mendapat banyak sekali dukungan dan apresiasi, Salah satunya berasal dari Lansiran selaku General Manajer PLN UID Jakarta Raya.

 

“Adanya progam konversi Elvis ini adalah bentuk dukungan kami untuk dunia pendidikan sekaligus lingkungan. Dengan konversi mobil listrik ini, kita ikut mendukung progam pemerintah dan mewujudkan Indonesia bebas emisi karbon pada tahun 2060,”  pungkasnya.

 

Progam PLN Peduli kepada SMKN 1 dan SMKN 26 merupakan bentuk dukungan PLN dalam pengembangan vokasi serta mempercepat penetrasi kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini tertera pada Peraturan Presiden (Perpres) No.55 Tahun 2019 mengenai Percepatan Progam Kendaraan Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

 

Pendanaan yang telah diberikan akan digunakan untuk pelatihan konversi selanjutnya,membeli mobil bekas dan peralatan pendukung yang baru. Sehingga dapat menghasilkan mobil listrik konversi yang lainnya.

Erma Fitria Handayani/adp

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PLN DKI Bersama Siswa SMKN Hasilkan Dua Mobil yang Dikonversi pada Program Elvis II

Trending Now

Iklan

iklan