Menjadikan Pendidikan Karakter yang Kuat untuk Generasi Muda Menuju Indonesia Emas Tahun 2045

Jumat, 03 November 2023 | 14:16 WIB Last Updated 2023-11-03T07:16:00Z

 


KabarPendidikan.id  - Cita-cita bangsa Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045 tertuang dalam Visi Indonesia Emas 2045. Pada tahun tersebut, Indonesia yang akan menginjak usia 100 tahun kemerdekaan diharapkan dapat menjadi mata uang rakyat dan penguasa dari jumlah penduduk produktif.

Visi tersebut diyakini dapat berhasil dicapai melalui peningkatan kualitas kerja manusia melalui karya pendidikan tinggi sehingga dapat mendorong pembangunan ekonomi yang berkeadilan.


Meskipun kuliah tidak menjamin kesuksesan, terdapat banyak data yang menunjukkan bahwa kuliah membuka peluang ekonomi dan sosial yang lebih besar di masa depan. Lulusan perguruan tinggi diyakini bisa menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dan berkontribusi bagi kemajuan negara.


CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib mengatakan banyaknya penduduk usia produktif menjadi modal kekuatan emas Indonesia yang akan mengisi generasi muda saat ini. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, perlu dilakukan penguatan karakter generasi muda melalui pendidikan.


“Pendidikan karakter merupakan tonggak dalam pembangunan SDM yang berkualitas. Di era Artificial Intelligence (AI), karakter merupakan unsur yang tidak tergantikan. Maka dari itu, kita harus membentuk apa itu jati diri, mentalitas, integritas, etos, dan budi pekerti untuk menciptakan SDM yang memiliki daya saing tinggi,” ujarnya.


Menurut Mirdal, dalam pendidikan karakter sangat penting untuk menekankan pada kesadaran kemandirian, tujuan, pemikiran jernih dan rasa nasionalisme yang tinggi di kalangan generasi muda. Baginya, gagasan dan karakter merupakan faktor penentu kemajuan bangsa.

 

“Harus mempunyai tujuan yang jelas dan besar. Cita-citanya bukan lagi mau menjadi apa, tapi apa karya yang mau dihasilkan, apa prestasi yang mau diberikan untuk bangsa. Dan di masa perkuliahan lah pembentukan karakter itu akan lebih dibangun,” Ucapnya.

 

Selain itu, Pemimpin Redaksi Medcom.id Indra Maulana mengatakan, keputusan pemberian beasiswa merupakan salah satu upaya melahirkan generasi penerus Indonesia Emas 2045 untuk terus berlanjut di masa depan.


"Indonesia emas bisa kita katakan sebagai bonus demografi jika anak-anak muda kita memiliki kualitas pendidikan yang unggul," lanjutnya.


Universitas Trisakti merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjalin kerja sama dengan OSC sejak tahun 2015. Kerjasama yang sudah memasuki tahun ke-8 ini telah menghasilkan banyak lulusan. Ini Wakil Presiden Prof  Tri Erri Astoeti dan roadshow OSC di Balairung Universitas Trisakti.


"Kami memiliki 160 penghargaan, 20 kuota beasiswa kami sediakan bagi mahasiswa baru. mahasiswa kami juga mendapatkan OSC berprestasi. semoga generasi bangsa lainnya bisa menjadi generasi emas yang dicita-citakan kita semua," pungkasnya.


Tri melanjutkan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa OSC mengemban tugas yang penting karena harus belajar lebih giat. 


"Mahasiswa yang mendapat beasiswa itu memiliki tanggung jawab yang penting karena mereka telah melewati proses yang tidak mudah. Maka program OSC ini bosa mendorong kompetensi mahasiswa yang berkualitas," akhirnya. 

(Firda P/Dyl)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menjadikan Pendidikan Karakter yang Kuat untuk Generasi Muda Menuju Indonesia Emas Tahun 2045

Trending Now

Iklan

iklan