Wujudkan SDM Berkualitas lewat Lulusan Perguruan Tinggi, Indonesia Bangun Kerja Sama Dengan Universitas Melbourne Australia

Kamis, 05 Oktober 2023 | 14:57 WIB Last Updated 2023-10-05T07:57:26Z


 KabarPendidikan.id - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra, Australia menyelenggarakan kegiatan Ambassador Goes to Campus dalam mempromosikan perguruan tinggi yang ada di Indonesia ke berbagai kampus-kampus yang ada di Australia dalam meningkatkan dan memperkuat Kerjasama antara universitas dari kedua negara yaitu Indonesia dan Australia. (05/10/2023)

 

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 28 September 2023 di University of Melbourne, dan dihadiri oleh Siswo Pramono selaku Duta Besar RI untuk Australia, Kuncoro Waseso selaku Konsul Jendral RI di Melbourne dan  Mukhamad Najib selaku Atase Pendidikan dan Kebudayan (ATDIKBUD) KBRI Canberra.

 

Kegiatan ini juga dihadiri dari pihak Universitas Melbourne yang mencakup Prof. Duncan Maskell selaku Wakil Rektor Universitas Melbourne, Prof. Michael Wesley selaku Wakil Rektor Bidang Global, Budaya dan serta para pimpinan Universitas Melbourne yang mencakup para dekan-dekan fakultas.

 

Najib selaku Atase  Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra menyampaikan bahwa kegiatan ini berjalan dengan baik antara universitas dan program studinya masing-masing antara perguruan tinggi Indonesia yang dikenalkan oleh pemerintah Indonesia dengan Universitas Melbourne.

 

“Sejauh ini, pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan pihak Universitas Melbourne dalam program pertukaran pelajar untuk program sarjana dalam meningkatkan mobilitas Pendidikan internasional dan bilateral antar Indonesia dan Australia dengan skema Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).” Ucap Najib.

 

“Kita telah mengirim sebanyak 15 mahasiswa yang menerima beasiswa IISMA untuk berkesempatan mengikuti kegiatan perkuliahan selama 1 semester di Universitas Melbourne. Ada juga beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam menempuh Pendidikan master dan doktor di Universitas Melbourne.” Tambahnya.

 

Duncan Meskell selaku wakil rektor Universitas Melbourne menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Dubes RI ke Universitas Melbourne dalam mengadakan kerja sama lewat program pertukaran pelajar ini. Duncan juga ingin meningkatkan Kerja sama yang lebih luas lagi dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia dalam meningkatkan kualitas SDM baik untuk Indonesia maupun Australia.

 

“Saya sangat berterima kasih atas kunjungan dan kerja sama yang diberikan oleh Dubes RI dalam program pertukaran pelajar antar Universitas Melbourne dengan Perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Lewat kerja sama ini, saya berharap dapat meningkatkan kerja sama lebih luas lagi antara Indonesia dan Australia dalam mengembangkan SDM berkualitas yang berasal dari lulusan para mahasiswa nanti.” Pungkas Duncan.

 

(GJF)

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wujudkan SDM Berkualitas lewat Lulusan Perguruan Tinggi, Indonesia Bangun Kerja Sama Dengan Universitas Melbourne Australia

Trending Now

Iklan

iklan