Tekan Jumlah Kasus Kanker Serviks, Dosen FFs Uhamka Melakukan Pengabdian Terdahap Masyarakat Aisyiyah Pasar Minggu

Selasa, 17 Oktober 2023 | 13:28 WIB Last Updated 2023-10-17T06:50:48Z

Kabarpendidikan.id Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFs) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) melalui Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) melakukan sosialisasi mengenai Edukasi tentang pendeteksian dan pencegahan Kanker Serviks kepada Masyarakat anggota Aisyiyah di Pasar Minggu (14/10)

 

Kegiatan ini dipimpimpin oleh Nurul A.N selaku ketua pelaksana sekaligus Dosen FFs Uhamka bersama anggota pelaksana sekaligus dosen FFs Uhamya yaitu Euis Purbasari dan Oktadio Erikardo serta diikuti oleh para anggota Aisyiyah cabang Pasar Minggu. Dalam hal ini, kegiatan tersebut terlaksana sebagai wadah informasi dan edukasi kepada para anggota Aisyiyah yang merupakan Perempuan mengenai penyakit Kanker Serviks, pengenalan gejala, dan pencegahannya.

 

Kanker Serviks merupakan salah satu masalah Kesehatan yang umumnya menyerang kaum Perempuan yang disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV) yang muncul akibat masalah sosial ekonomi dan penggunaan pil KB dan merupakan penyakit yang menular yang marak terjadi di negara berkembang seperti Indonesia.

 

Nurul A.N selaku ketua pelaksana mengapresiasi antusias Masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini karena menurutnya merupakan kegiatan edukasi yang penting bagi para Perempuan anggota Aisyiyah karena banyak Masyarakat terutama dari kaum Perempuan karena kurangnya informasi mengenai penyebab dan gejala kanker serviks sebelumnya sehingga pencegahan tidak dapat dilakukan.

 

“Alhamdulillah kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dan materi yang mereka berikan dapat diterima dan dipahami dengan baik lewat antusias para anggota Aisyiyah yang ikut serta. Edukasi seperti ini dianggap sangat perlu dilakukan terlebih lagi Masyarakat khususnya dari kaum wanita sama sekali belum mengetahui mengenai Kanker Serviks beserta Gejala dan cara pencegahannya sehingga menimbulkan korban jiwa,” ucap Nurul.

 

Kedepannya, kegiatan akan dievaluasi sebagai rangkuman informasi dalam menambah wawasan dan pengetahuan para Aisyiyah yang tergabung dalam kegiatan edukasi Kanker Serviks ini dalam bentuk Pre-test dan Post-test.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tekan Jumlah Kasus Kanker Serviks, Dosen FFs Uhamka Melakukan Pengabdian Terdahap Masyarakat Aisyiyah Pasar Minggu

Trending Now

Iklan

iklan