Ratusan Guru TK dan Paud Asal Depok Diberi Arahan Untuk Mengembangkan Kompetensi Diri

Selasa, 31 Oktober 2023 | 09:46 WIB Last Updated 2023-10-31T02:46:50Z

KabarPendidikan.id - Pada hari Jumat, (27/10) telah dilaksanakan kegiatan workshop tentang implementasi kurikulum merdeka yang diselenggarakan oleh Dewan Pendidikan Kota Depok, Dedy Martoni. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Guru Taman Kanak-Kanak (TK), Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Komite sebanyak 500 massa di Aula Lantai 10, Gedung Dibaleka, Balai Kota Depok.


Diadakannya kegiatan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan potensi serta kompetensi para guru TK dan PAUD dalam hal mengimplementasikan kurikulum Merdeka kepada peserta didik dengan sebaik-baiknya.


“Pembelajaran pada anak usia dini dapat dilakukan dengan cara memberikan pendampingan belajar yang harus dilakukan oleh orang tua dan guru. Selain itu juga harus diadakan pembekalan kepada para komite Lembaga TK dan PAUD,” ucap Dedy Martoni pada keterangannya.


Ia mengatakan bahwa sudah seharusnya pendidikan untuk anak usia dini harus dilakukan secara bersama-sama dan sejalan dengan pola asuh orang tua dirumah. Selain itu juga harus dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman. Kreativitas pembelajaran yang dirancang harus menantang sang anak agar dapat mengembangkan pemahaman sesuai dengan apa yang dialaminya. Karena dengan adanya kurikulum merdeka ini, akan menambah pengetahuan yang telah dimiliki oleh sang anak. Jadi, otak anak akan berproses sebaik mungkin dalam hal menangkap informasi baru.


“Belajar sambil bermain dapat memberikan kesempatan pada anak untuk bereksplorasi, mengekspresikan perasaan, berkreasi dan juga dapat menambah pengalaman belajar yang menyenangkan,” lanjut Dedy menambahkan.


Ia berharap dengan adanya kegiatan kurikulum ini dapat mengoptimalkan sikap dan juga mental para pengajar serta Lembaga komite Lembaga. Karena mereka adalah pencetak generasi selanjutnya bagi bangsa, khususnya di Kota Depok. 

(Nabila Sh/Dyl)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Guru TK dan Paud Asal Depok Diberi Arahan Untuk Mengembangkan Kompetensi Diri

Trending Now

Iklan

iklan