Dinas Pendidikan Gunungkidul Tanggapi Kerusakan Bangunan SDN Candibaru 1

Kamis, 19 Oktober 2023 | 13:09 WIB Last Updated 2023-10-19T06:09:38Z


KabarPendidikan.id
- Ruang belajar pada salah satu Sekolah Dasar Negeri di Gunungkidul mengalami kerusakan yang parah, mengakibatkan Dinas Pendidikan Gunungkidul meninjau langsung SDN Candibaru 1 di Padukuhan Kerdon, Jatiayu, Karangmojo. Pengecekan oleh Dinas Pendidikan yang dibersamai Komisi D DPRD Gunungkidul.

 

Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul, Nunuk Setyowati menyatakan bahwa sudah ada peninjauan langsung ke lokasi kejadian yang mengalami kerusakan atap.

 

"Kerusakan di SDN Candibaru 1 terdapat pada bagian atap ruang UKS dan sudah ada peninjauan," ucapnya.

 

Kemudian, Nunuk mengakui bahwa kerusakan tersebut mengganggu kegiatan belajar mengajar, khususnya untuk siswa kelas 2. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada Ruang Kelas Gedung Utama, menjadikan siswa terpaksa belajar di UKS.

 

"Saat ini ruang UKS digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, dikarenakan ada kerusakan di tiga kelas," lanjut Nunuk.

 

Nunuk sebagai Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul menjanjikan akan ada perbaikan, karena sudah masuk dalam program kerja. Tetapi, proses perbaikan tidak dapat dilaksanakan pada tahun ini.

 

"Tahun depan akan dilakukan perbaikan dan sudah masuk ke dalam program kerja 2024," pungkasnya.

 

Kerusakan bangunan SDN Candibaru 1 semakin parah, terlihat dari ambruknya atap ruang UKS di sekolah tersebut yang sebelumnya digunakan untuk ruang kelas darurat siswa kelas 2. Sementara waktu, para siswa terpaksa mengungsi di mushola sekolah.

 

Kepala SDN Candibaru 1, Winarna mengatakan ambruknya atap ruang UKS terjadi pada Selasa (17/10/2023) sekitar pukul 12.00 WIB. Pada saat kejadian, para siswa sudah pulang sehingga tidak ada korban apapun dalam peristiwa ini.

 

"Saat kejadian siswa sudah pulang dan siswa lain sedang menjalankan Salat Dzuhur, tiba-tiba terdengar suara gemuruh. Setelah dilihat, ternyata suara atap ruang UKS yang ambruk,” ucapnya.

 

Winarna mengatakan, atap ruang kelas darurat yang ambruk dikarenakan kayu penyangga yang sudah lapuk. Sementara ini sudah dilakukan kegiatan bersih-bersih reruntuhan pada ruang kelas darurat tersebut.

 

"Sudah mulai dibersihkan hari ini dan para siswa untuk sementara belajar di Musala sekolah,” ujarnya.

 

(Elly Elfida Yanti/adp)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Pendidikan Gunungkidul Tanggapi Kerusakan Bangunan SDN Candibaru 1

Trending Now

Iklan

iklan