Tingkatkan Potensi Mahasiswa S2 dan S3, Pascasarjana Uhamka Miliki Berbagai Program Unggulan

Senin, 31 Juli 2023 | 09:54 WIB Last Updated 2023-07-31T02:54:47Z


KabarPendidikan.id
- Prof Ade Hikmat selaku Direktur Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menjadi narasumber dalam acara Teras tvMu di Channel TV Muhammadiyah. Narasumber kali ini mengangkat tema Kembangkan Karier Diri bersama Sekolah Pascasarjana Uhamka yang ditayangkan pada Ahad  (30/7).

 

Pada segmen pertama, Prof Ade memaparkan SPs Uhamka telah berdiri sejak tahun 2013 dan terus berupaya meluluskan lulusan magister maupun doktor yang berkualitas dan berintegritas. Saat ini SPs Uhamka telah memiliki berbagai program dan jurusan. Program Magister (S2) terdiri dari jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Manajemen, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Pendidikan Matematika, dan Ilmu Farmasi. Sedangkan program doktor (S3) terdiri dari Pendidikan Bahasa Indonesia.

 

“Saat ini SPs Uhamka telah memiliki 10 program magister dan 1 program doktor. S2 Pendidikan Bahasa Indonesia kita pun saat ini sudah mencapai akreditasi unggul. Sejak berdirinya SPs Uhamka di tahun 2013 lalu, kami terus berupaya dalam meningkatkan akreditasi dan menciptakan lulusan magister maupun doktor yang berwawasan dan berkualitas,” ujarnya.

 

Sebagai bagian Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang peduli terhadap mahasiswanya, saat ini SPs Uhamka juga memiliki dua program beasiswa diantaranya, Beasiswa Prestasi yaitu beasiswa khusus guru yang telah lulus tersertifikasi, yang kedua yaitu Beasiswa Kader Berprestasi, beasiswa khusus lulusan S1 dan S2 dari PTM dan Guru/Pegawai tetap pada Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

 

Selanjutnya, Prof Ade menekankan  pentingnya meningkatkan jenjang pendidikan di tingkat pendidikan tinggi merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena banyak manfaat yang didapatkan seseorang dari peningkatan jenjang pendidikannya seperti menambah relasi, meningkatkan wawasan dan pengetahuan, memperluas jejaring dalam pengalaman dan dunia kerja, juga pengembangan kualitas diri.

 

"Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya. Kita sering dengar pepatah itu. Memang dalam hal menimba ilmu, kita jangan tunggu waktu lama atau sampai kita sepuh dulu, tapi saat masih muda kita harus rajin dalam mencari ilmu sebaik-baiknya. Meningkatkan jenjang pendidikan juga memberikan banyak benefit dalam kehidupan kita seperti menambah relasi dan meningkatkan jenjang karir. Wawasan kita juga akan meluas pengalaman bertemu teman-teman yang berasal dari latar belakang yang berbeda," pungkas Prof Ade.

 

Di akhir segmen, Prof Ade menjelaskan SPs Uhamka telah mengusung berbagai program peningkatan produktivitas mahasiswanya. Diantaranya mahasiswa diminta untuk melakukan implementasi Catur Dharma pendidikan melalui pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, ini dilakukan untuk menggali potensi mahasiswa dalam bidangnya serta membentuk potensi itu menjadi sebuah kebermanfaatan untuk sekitar. SPs Uhamka juga mengusung studi komparasi sebagai wadah bagi mahasiswa menuangkan idenya dalam bentuk riset penelitian.

 

"SPs Uhamka memiliki berbagai program pengembangan potensi mahasiswa. Diantaranya yang paling menarik di kita adalah model penugasan bagi mahasiswa itu kita ganti dengan pengimplementasian apa yang telah dipelajari di SPs Uhamka melalui pengabdian masyarakat. Di SPs Uhamka juga mengadakan studi komparasi agar mahasiswa dapat memperluas keilmuannya dalam bidang riset penelitian," tutur Prof Ade.

Mari bergabung bersama Uhamka yang telah terakreditasi Unggul, memiliki 9 Fakultas dan Sekolah pascasarja dari jenjang S1, S2, dan S3 melaluibtautan berikut https://uhamka.ac.id/reg/

 

 

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Potensi Mahasiswa S2 dan S3, Pascasarjana Uhamka Miliki Berbagai Program Unggulan

Trending Now

Iklan

iklan