Tingkat Kesulitan Melebihi TOEFL dan IELTS, ini Tanggapan Para Warganet Mengenai Tes Bahasa Inggris BUMN

Selasa, 18 Juli 2023 | 11:37 WIB Last Updated 2023-07-18T04:37:04Z

 


KabarPendidikan.id - Tes Bahasa Inggris untuk para peserta pelamar kerja di Institusi BUMN telah selesai dilaksanakan pada hari minggu kemarin tanggal 16 Juli 2023. Namun hal tersebut tidak dianggap baik oleh para peserta dan para warganet karena Tes Bahasa Inggris / TBI BUMN dinilai tingkat kesulitannya lebih tinggi dibandingkan TOEFL dan IELTS pada biasanya yang menjadi keluhan mereka, terutama para peserta.

 

Karena tingkat kesulitannya yang hampir seperti sastra-sastra Inggris masa abad pertengahan, banyak warganet yang menyebut Tes Bahasa Inggris BUMN sebagai Shakespearean atau Ala-ala Shakespear dari tata kebahasaannya karena banyak kosakata yang sulit dan tidak dimengerti bahkan baru pertama kali ditemukan oleh para peserta.

 

Dikarenakan hal tersebut, banyak memes dan karikatur terposting di media sosial yang menggambarkan tingkatan TBI BUMN yang lebih tinggi dari tes-tes Bahasa inggris lainnya seperti TOEFL (Test of English as Foreign Language), IELTS (International English Language Testing System), dan TOEIC (Test of English International Communication) dan juga beberapa tes-tes skill Bahasa inggris lainnya.

 

Postingan tersebut menggambarkan TBI BUMN yang bagaikan raja dari semua tes-tes Bahasa inggris lainnya karena tingkat kesulitan kosakatanya yang belum pernah ditemukan oleh para siswa dibagian Reading Section, dimana bagian tes tersebut merupakan tes dengan jumlah soal terbanyak dari bagian sesi tes lainnya yang mencakup Grammar Section dan Wriitten Expression.

 

Meskipun dinilai sulit seperti halnya kebahasaan karya William Shakepear, Nilai TBI BUMN mencakup 40% untuk syarat kelulusan Seleksi BUMN. Sedangkan penentu terbesar terdapat di Tes TKD dan Ahklak yang diselenggarakan Juni kemarin sebesar 60% yang menjadi tolak ukur kelulusan.


(Galang/SAN)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkat Kesulitan Melebihi TOEFL dan IELTS, ini Tanggapan Para Warganet Mengenai Tes Bahasa Inggris BUMN

Trending Now

Iklan

iklan