Pentingnya Minum Air Putih 8 Gelas Setiap Hari

Minggu, 30 Juli 2023 | 09:57 WIB Last Updated 2023-07-30T02:57:00Z

 



Oleh: Hilyah Kamila

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

Air putih merupakan zat cair yang terdiri dari molekul hidrogen dan oksigen. Air putih menjadi salah satu cairan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap hari. Tubuh manusia tersusun hampir sebagian besar Air dan diatur oleh system yang sangat kompleks. Air yang dibutuhkan tubuh manusia ini harus mempunyai kandungan mineral yang baik. Menurut kwmwntrian kesehatan, Tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi sehingga alangkah baiknya kalau kita mengkonsumsi air putih kurang lebih 8-9 gelas setiap hari atau setara 1500 – 2000 ml/hari agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi.

           

Air putih memiliki peran untuk mengaktifkan elektrolit yang ada di otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu. Mengkonsumsi air putih secara rutin dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Ada banyak manfaat minum air putih diantaranya, menyehatkan pencernaan dalam tubuh, menjaga tekanan darah, meningkatkan daya ingat otak, menghindari penyakit jantung, mengatur lemak tubuh, baik untuk perawatan kulit, menjaga kesehatan tulang, dan masih banyak lagi.

           

Perberbedaan antara air mineral dengan demineral, air demineral adalah air yang tidak mengandung mineral karena adanya proses pendidihan atau penguapan yang menyebabkan sejumlah senyawa dalam demineral hilang, sedangkan air mineral adalah air yang mengandung mineral di dalamnya, baik yang alami maupun yang buatan.

           

Pada umumnya, takaran minum air putih pria dewasa setidaknya 2,5-2,6liter (8 gelas) air putih, sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3liter (7 gelas) setiap harinya. Meski demikian, kebutuhan air tergantung pada kondisi masing-masing orang. Ada beberapa dampak yang terjadi apabila tidak mengonsumsi air sebanyak 8 gelas perhari secara rutin diantaranya adalah meningkat nya risiko penyakit jantung dan stroke dikarenakan adanya penurunan sistem kardiovaskular di tubuh yang membuat darah menjadi kental dan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah.

           

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk minum air 8 gelas per hari terutama untuk para pria dan wanita dewasa yang berkativitas lebih karena dapat menyebabkan dehidrasi bahkan lebih banyak penyakit lainnya yang terjadi akibat kurang nya mengkonsumsi air putih.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Minum Air Putih 8 Gelas Setiap Hari

Trending Now

Iklan

iklan