Dinas Pendidikan Surabaya Pastikan Kegiatan MPLS Tidak Menekan Siswa Baru

Senin, 17 Juli 2023 | 11:06 WIB Last Updated 2023-07-17T04:06:03Z


KabarPendidikan.id
- Orang tua dan peserta didik berbondong-bondong datang ke sekolah. Salah satunya di SMP Negeri 48 Surabaya. Hal ini karena Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari pertama di Surabaya berlangsung hari ini (17/7).

 

Para guru SMP Negeri 48 berjejer di gerbang sekolah untuk menyambut siswa baru di MPLS pertama dan siswa mulai berdatangan sejak pukul 05.49.

 

Yusni selaku salah satu orang tua peserta didik , mengatakan lega hatinya ketika tahu jika MPLS tak lagi sama seperti dulu. Misalnya, siswa harus mengenakan atribut-atribut aneh dan ribet.

 

”Saya lega karena ternyata masa orientasi sekolah sekarang tidak lagi seperti zaman saya dulu. Yang harus bawa ini dan itu, ribet,” tutur Yusni.

 

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan Yusuf Masruh memastikan, seluruh kegiatan MPLS tidak ada aktivitas perpeloncoan. Seluruh sekolah mengedepankan ruang kreativitas siswa saat MPLS digelar.

 

”Makna MPLS adalah mengenalkan siswa ke lingkungan sekolah baru, siapa gurunya, bagaimana proses belajar mengajarnya, dan bukan menekan siswa atau perpeloncoan,” ujar Yusuf.

 

Yusuf meminta agar guru tetap mengawasi dan mengevaluasi proses MPLS. Menurutnya, boleh saja jika OSIS ikut terjun MPLS. Namun, harus ada guru yang memonitoring kegiatan MPLS.

 

”Sekolah ada rumah kedua siswa, buat siswa nyaman dan guru sebagai orang tua siswa di sekolah,” ucap Yusuf.


adp

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Pendidikan Surabaya Pastikan Kegiatan MPLS Tidak Menekan Siswa Baru

Trending Now

Iklan

iklan