Tim Pengmas FFS Uhamka Sosialisasikan Analisa Penyakit Asam Urat dan Diabetes pada Warga Duren Seribu

Kamis, 15 Juni 2023 | 11:33 WIB Last Updated 2023-06-15T04:33:06Z


KabarPendidikan.id
- Tim Pengmas Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melaksanaan edukasi tentang penyakit Diabetes dan Asam Urat serta melakukan pengukuran kadar glukosa darah dan asam urat untuk warga dhuafa yang ada di sekitar Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Duren Seribu, Depok Jawa Barat sejak 18 Desember 2022.

 

Ranting Muhammadiyah Duren Seribu, dipilih sebagai tempat dilakukannya pengabdian masyarakat karena Ranting Muhammadiyah Duren Seribu adalah PRM termuda dan bertujuan untuk mensosialisasikan PRM ke warga Duren Seribu, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

 

Fatimah Nisma selaku dosen D4 Teknologi Laboratorium Medik (TLM)  FFS Uhamka melalui kegiatan pengabdian masyarakat tim dosen Program Studi Analis Kesehatan/TLM FFS Uhamka akan melakukan kegiatan berupa promosi kesehatan tentang penyakit rematik dan diabetes, mulai dari pengenalan penyakit Diabetes dan rematik, pencegahan dan upaya yang dilakukan apabila sudah menderita penyakit tersebut, serta melatih warga cara melakukan analisa penyakit asam urat dan diabetes sendiri untuk warga yang terkena penyakit diabetes dan asam urat.

 

“Bentuk pengabdian ini merupakan salah satu hasil kompetensi  lulusan yang dirancang dalam kurikulum prodi TLM, sebagai tenaga ahli pemeriksaan spesimen dan pelayan kesehatan buat umat manusia. Jadi pelaksanaan kegiatan pengmas ini telah dilakukan oleh tenaga ahli yang kompeten pada bidangnya,” tutur Fatimah.

 

Fatimah Menambahkan, materi yang diberikan pada edukasi kesehatan adalah tentang penyakit diabetes dan rematik. Pada materi ini dijelaskan penyebab timbulnya penyakit diabetes, tanda-tanda dikenalinya penyakit itu ditahap awal  dan apa saja yang harus dilakukan dan apa makanan yang harus dipantang atau dijauhi, hal yang sama juga dilakukan untuk edukasi sakit kelebihan asam urat.

 

“Pada edukasi ini hampir 175 orang peserta yang hadir, baik dari warga sekitar dan tamu undangan PRM. Dari kegiatan ini kelihatan antusias warga yang datang dan mendengar edukasi yang disampaikan oleh ibu Meri Suzana dari tim Pengmas,” tambah Fatimah.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Pengmas FFS Uhamka Sosialisasikan Analisa Penyakit Asam Urat dan Diabetes pada Warga Duren Seribu

Trending Now

Iklan

iklan