Hadirkan Aplikasi Fungsional bagi Pelajar Disabilitas, Siswa MAN 4 Jakarta Berhasil Raih Medali Emas Dalam Kompetisi Internasional

Jumat, 02 Juni 2023 | 09:48 WIB Last Updated 2023-06-09T02:52:34Z

KabarPendidikan.id - Siswa MAN 4 Jakarta berhasil meraih medali emas dalam ajang International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS). Mereka adalah Ayla Zahara Nibras dan Nayla Anindya yang merupakan siswa kelas X.

 

IICYMS merupakan kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) yang telah bekerja sama dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

 

Kompetisi ini berlangsung di Bandung selama tiga hari, dari tanggal 23 hingga 26 Mei 2023.

 

Pelajar kelas X MAN 4 Jakarta ini berhasil mengalahkan para pesaingnya dari luar negeri setelah berhasil menciptakan aplikasi yang berguna bagi pelajar dengan disabilitas.

 

Aplikasi tersebut bernama EDISTA atau Education for Diverse and Inclusive Student Transformation & Advancement yang telah dirancang untuk mampu mengecek kesehatan mental pelajar dengan disabilitas.

 

"Prestasi ini menjadi kebanggaan bagi MAN 4 Jakarta Selatan. Semoga menjadi motivasi bagi semuanya baik siswa maupun para guru," Ujar Kepala Sekolah MAN 4 Jakarta, Wido Prayoga (29/5/2023).

 

Sebelum menciptakan aplikasi EDISTA, dua siswa ini telah melakukan banyak percobaan kegiatan. Salah satunya melakukan riset di MAN 11 Jakarta yang merupakan salah satu madrasah inklusi yang ada di Jakarta.

 

"Keduanya melakukan riset di MAN 11 Jakarta dengan dibimbing oleh guru-guru MAN 4 Jakarta," tutur Wido.

 

Selain medali emas, tim MAN 4 Jakarta Selatan juga meraih penghargaan Special Awards dari Malaysia Young Scientist Organization (MYSO).

 

(Alifia Angel/dyl)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hadirkan Aplikasi Fungsional bagi Pelajar Disabilitas, Siswa MAN 4 Jakarta Berhasil Raih Medali Emas Dalam Kompetisi Internasional

Trending Now

Iklan

iklan